Gunung Anak Krakatau Erupsi, Semburan Vulkanik Setinggi 3.000 Meter

Erupsi Gunung Anak Krakatau
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA Nasional – Gunung Anak Krakatau (GAK) di Selat Sunda dilaporkan meletus sebanyak dua kali pada pukul 15.09 WIB, Rabu, 4 Januari 2023, dengan ketinggian abu vulkanik mulai dari 100 meter hingga 3.000 meter dari atas puncak.

Aktivitas Erupsi Gunung Ile Lewotolok Masih Tinggi, Menurut Badan Geologi

Berdasarkan laporan yang dibuat oleh Ade Yasser Akhmad Purwata, Petugas Pos Pantau GAK Pasauran, Kabupaten Serang, Banten, yang diunggah ke aplikasi resmi Magma Indonesia, kolom abu berwarna hitam tebal mengarah ke timur. Erupsi itu terekam di alat seismogram dengan amplitudo maksimum 65 mm dan berdurasi 1 menit 37 detik. 

Dalam laporan lainnya, letusan gunung berapi di perosotan Selat Sunda itu terjadi juga pukul 14.10 WIB pada hari yang sama dengan ketinggian 100 meter.

Gunung Karangetang Mengalami 10 Kali Gempa Embusan, Menurut PVMBG

Gunung Anak Krakatau.

Photo :
  • Twitter/@EarthUncutTV
Antisipasi Erupsi Marapi Ganggu Penerbangan, Sumbar Modifikasi Cuaca Bikin Hujan Buatan

Abunya berwarna kelabu dengan intensitas tebal, mengarah ke timur. Letusan tersebut terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 40 mm dan berdurasi 20 detik.

Gunung Anak Krakatau menghembuskan abu vulkanik.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Saat ini, Gunung Anak Krakatau berstatus siaga atau pada Level III dengan larangan mendekat dalam radius 5 kilometer guna menghindari material letusan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya