Ikhtiar Erick Thohir 'Bersih-bersih' BUMN Dapat Respons Positif

Menteri BUMN, Erick Thohir.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Keberhasilan Menteri BUMN Erick Thohir dalam pemberantasan korupsi di Kementerian BUMN mengundang apresiasi dari berbagai pihak. Apresiasi juga datang dari Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI).

Terpopuler: Indonesia U-23 Fenomenal, Ernando Ari Kepikiran Arkhan Fikri

Direktur PRPHKI, Saiful Anam menyatakan dengan berbagai keberhasilan Erick Thohir dalam memberantas korupsi akan membuatnya dikenang oleh masyarakat sebagai menteri bekerja nyata dalam pemberantasan korupsi.

“Erick Thohir sebagai Menteri akan dikenang terobosannya dalam mengupayakan pemberantasan dan pencegahan korupsi di lembaga yang dipimpinnya," terang Anam, Kamis, 5 Januari 2023.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

Terbaru, Erick Thohir tengah mengupayakan untuk memberantas korupsi di Kementerian BUMN atas dana pensiun para karyawan. Berdasarkan data Kementerian BUMN, terdapat indikasi penyelewengan dana pensiun para karyawan.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

Di mana sebesar 35 persen dana pensiun dikelola dengan sehat, sedangkan 65 persen sisanya terdapat indikasi penyelewengan. Oleh karena itu, Erick Thohir menggandeng KPK untuk menggalakkan program bersih-bersih di Kementerian BUMN.

"Saya kira harus diapresiasi siapa pun yang melakukan upaya-upaya pemberantasan maupun pencegahan tindak pidana korupsi, termasuk seperti yang dilakukan oleh Erick Thohir," ujar Anam.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Dok. Kementerian BUMN

Ia menjelaskan, perlu kolaborasi berbagai pihak terkait untuk mengusut tuntas indikasi penyelewengan, agar tindakan yang merugikan negara dan masyarakat seperti praktik korupsi dapat berkurang. Karena itu kerja sama antara Kementerian BUMN dan KPK dinilai sangat strategis dan perlu mendapatkan apresiasi sebagai langkah nyata pemberantasan korupsi.

"Ikhtiar yang dilakukan Erick untuk bersih-bersih di lembaga BUMN yang dipimpinnya merupakan langkah strategis yang harus mendapatkan apresiasi dari semua pihak," pungkas Anam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya