Istri Wiji Thukul Meninggal Dunia, Bertahun-tahun Mengidap Diabetes sampai Kakinya Diamputasi

Dyah Sujirah alias Sipon, istri aktivis-penyair Wiji Thukul yang hilang misterius dan tak diketahui keberadaannya sampai sekarang.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Nasional – Dyah Sujirah alias Sipon, istri aktivis penyair Wiji Thukul yang hilang misterius dan tak diketahui keberadaannya sampai sekarang, meninggal dunia di Solo, Jawa Tengah, pada Kamis, 23 Januari 2023. Sebelum meninggal, Sipon sempat menderita penyakit diabetes dan jantung.

Olahraga Ini Secara Teratur Bisa Kendalikan Diabetes, Turunkan Berat Badan Hingga Kolesterol

Juru bicara keluarga, Hastin Dirgantari, mengungkapkan Sipon selama ini mengidap penyakit diabetes. Bahkan, kaki kanannya telah diamputasi karena saking tingginya kadar gula darah. “Setelah kakinya diamputasi, Mbak Pon sempat operasi lagi karena diabetesnya,” kata dia saat ditemui di rumah duka.

Selain menderita diabetes, kata Hastin, Sipon juga menderita penyakit jantung. Diagnosis penyakit tersebut diketahui sejak dua minggu lalu setelah menjalani pemeriksaan di salah satu dokter di Solo.

4 Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Penyakit Jantung

Kondisi Sipon sejak dua hari lalu makin menurun. Lantaran mengeluh kesakitan, Hastin pun membujuknya untuk dirawat di rumah sakit tetapi Sipon menolaknya.

5 Tips Cegah Masalah Jantung Saat Jalankan Ibadah Haji di Tengah Cuaca Panas

“Saya telepon Fajar (Fajar Merah, anak kedua Wiji Thukul dan Dyah Sujirah); yang bisa membujuk dan membawanya ke rumah sakit itu Fajar. Terus sebelum dibawa ke rumah sakit, saya bawa ke dokter Novi. Dokter itu bilang harus dibawa ke rumah sakit,” katanya.

Sipon lantas dibawa ke Rumah Sakit Hermina pada Rabu malam, 4 Januari 2023. Di rumah sakit, ia ditemani oleh dua anaknya, Fajar Nganthi Wani dan Fajar Merah.

“Pagi tadi Wani disuruh pulang. Terus setelah itu Wani ditelepon suruh kembali ke rumah sakit karena Mbak Pon mulai serangan jatung. Dan pukul 13.01 WIB beliau sudah meninggal,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya