Waspada! Potensi Gelombang Laut Hari Ini, Pantai Selatan Jawa 4 Meter

Ilustrasi gelombang tinggi laut terjang pesisir pantai
Sumber :
  • TvOne/Irfan Gusti

VIVA Nasional - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tunggul Wulung Cilacap melaporkan prakiraan gelombang laut di pantai selatan Jawa Tengah, Jumat, 6 Januari 2023. Potensi gelombang tinggi di perairan selatan Jawa Tengah diprediksi bisa 2,5 hingga 4 meter.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Deas Ahmad Rivai menjelaskan gelombang tinggi itu disertai kecepatan angin yang berada antara 6 - 23 knots. Namun, gelombang maksimum diprakirakan bisa dua kali dari angka di atas.

Pun, wilayah yang berpotensi gelombang tinggi di perairan Cilacap, Kebumen, dan Purworejo. Dia mengatakan, untuk perairan dan Samudera Hindia Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, cuaca pada umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan.

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang

Ilustrasi - Warga menyaksikan gelombang tinggi saat cuaca buruk di Kupang, NTT.

Photo :
  • ANTARA/Kornelis Kaha.

Lalu, angin umumnya bertiup dari arah barat daya dan barat laut dengan kecepatan berkisar antara 6 hingga 24 knots.

BMKG Peringatkan Masyarakat Waspadai Hujan Badai di 27 Provinsi

BMKG melaporkan prakiraan cuaca ini berlaku pada Jumat hari ini Jumat, 6 Januari 2023 mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB.

Sementara itu, prospek tinggi gelombang di perairan utara Jawa Tengah di Laut Jawa pada Jumat hari ini masuk kategori sedang antara 1,25 - 2,5 meter. Potensi itu  terjadi di perairan Karimunjawa, Laut Jawa bagian tengah, dan Kalimantan Tengah bagian barat.

Untuk tinggi gelombang kategori rendah antara 0,5 – 1,25 meter berpotensi terjadi di perairan Brebes - Pemalang, perairan Pekalongan - Kendal, perairan Semarang – Demak, perairan Jepara dan perairan Pati – Rembang. 

Angin di pesisir utara Jawa Tengah berhembus dari arah selatan - barat laut secara konsisten dengan kecepatan 4 – 20 knots.

Masyarakat diminta waspada dan berhati-hati dalam melakukan aktifitas di laut baik. AKtivitas itu baik berlayar maupun wisata pantai. Selain itu, diimbau agar selalu memantau peringatan dari BMKG.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno-tvOne


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya