Ngabalin Sebut Reshuffle Kabinet Bisa Jadi Sebelum 10 Januari 2023

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

VIVA Nasional – Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menyebutkan bahwa Presiden Jokowi kemungkinan akan melakukan reshuffle kabinet pada bulan Januari 2023 ini. Hal tersebut, kata Ngabalin merupakan sebuah informasi yang tak terbantahkan lagi.

Gabung Prabowo-Gibran Sebagai Pilihan Baik, Surya Paloh: Ini Pilihan Saya, Pilihan Nasdem

"Saya mau bilang bahwa (reshuffle kabinet bulan Januari) tidak terbantahkan itu," kata Ngabalin dalam acara Dua Sisi tvOne, Kamis malam, 5 Januari 2023.

Ilustrasi jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

Bahkan Ngabalin mengungkapkan bisa jadi pelaksanaan reshuffle kabinet akan dilakukan Presiden Jokowi sebelum tanggal 10 Januari. Sebelum hari ulang tahun PDIP pada 10 Januari 2023, Jokowi mungkin telah mengumumkan reshuffle kabinet.

"Bisa jadi sebelum tanggal 10 (Januari)," kata Ngabalin

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Ngabalin mengatakan, dirinya siapapun yang akan terkena reshuffle harus ikhlas dan tak boleh jengkel. Menteri yang terkena reshuffle harus datang dengan senyum ke Istana begitu juga ketika keluar dari Istana juga harus tersenyum.

"Saya selalu menyampaikan bahwa Insyaallah kalau tidak ada aral melintang, dalam bulan ini presiden bisa melakukan Reshuffle, orang yang datang dengan diangkat menjadi menteri, dan sebentar kalau dia pergi tinggalkan kabinet, atau istana dia datang dengan senyum, pergi juga dengan senyum," kata Ngabalin

Dengan begitu, jalannya Pemerintahan akan lebih baik. "Dengan begitu kita bisa mengatur negara ini dengan baik, dalam fungsi kedudukannya dan tugas kita masing-masing," ujar Ngabalin

Sebelumnya diberitakan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberi sinyal lagi mengenai rencana perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat.

"Besok," kata Jokowi, singkat, saat ditanya awak media soal isu reshuffle dalam keterangan pers di sela-sela meninjau kawasan produksi Minyak dan Gas Bumi (Migas) PT Pertamina Hulu Rokan Dumai di Kota Dumai, Riau, yang ditayangkan kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden, Kamis, 5 Januari 2023.

"Bisa Jumat, bisa Senin, bisa Selasa, bisa Rabu," jawab Jokowi lagi, ketika awak media menanyakan apakah besok yang dimaksud adalah Jumat.

Jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024 ini sudah tiga kali dirombak oleh Presiden Jokowi. Pertama, pada 23 Desember 2020, saat terdapat enam pejabat baru untuk pos Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Agama, Menteri Perdagangan, Menteri Kelautan dan Perikanan, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemudian, pada 28 April 2021, Jokowi melakukan reshuffle kedua Kabinet Indonesia Maju dengan melantik dua pejabat baru untuk Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta Menteri Investasi/Kepala BKPM. 

Reshuffle ketiga terjadi pada 15 Juni 2022 saat Jokowi melantik sejumlah pejabat baru untuk pos Menteri Perdagangan, Menteri Agraria dan Tata Ruang(ATR)/Kepala BPN, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Wakil Menteri Dalam Negeri, dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya