PN Jaksel: Video Viral Buat Ganggu Konsentrasi Hakim Ferdy Sambo

Hakim Ferdy Sambo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan mengaku masih menyelidiki kebenaran video viral di media sosial Tiktok terkait bocoran vonis Ferdy Sambo yang diduga dilakukan oleh Hakim Wahyu Iman Santoso.

Buka Puasa Bersama Wartawan, Irjen Sandi Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional

Diketahui, Hakim Wahyu Iman Santoso merupakan hakim ketua dalam sidang Ferdy Sambo Cs perkara pembunuhan berencana Brigadir J.

Hakim dan Jaksa Sambangi Rumah Ferdy Sambo TKP Duren Tiga

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
4 Jenderal Polri Kompak Bareng Wartawan dan Polwan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan

Humas PN Jaksel, Djuyamto mengatakan pihaknya masih mendalami keabsahan video singkat tersebut. Menurutnya, video tersebut belum terbukti kebenarannya dan diduga merupakan sebagai upaya framing terhadap Majelis Hakim. 

"Bahwa tidak tertutup kemungkinan ada upaya-upaya tertentu untuk mengganggu konsentrasi dan indepedensi majelis hakim yang dipimpin oleh beliau," ujar Djuyamto kepada wartawan, Jumat 6 Januari 2023.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

"Ya tentu kalau di sana kan ada framing itu. Ada framing, ada narasi, bahwa ada membocorkan. Itu tidak benar, masih pemeriksaan kok," sambungnya.

Djuyamto menambahkan, sosok pria yang diduga hakim Wahyu tersebut juga masih belum terbukti sepenuhnya. Pasalnya, wajah pria yang di dalam rekaman itu tak terlihat sepenuhnya, sehingga masih perlu dilakukan pendalaman.

Hakim dan Jaksa Sambangi Rumah Ferdy Sambo TKP Duren Tiga

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia juga mengatakan, sosok pria yang diduga hakim Wahyu itu bisa saja di edit dalam video tersebut. Pasalnya, video yang tersebar dan menjadi viral itu hanya sebuah potongan.

"Jadi di sana pernyataan beliau di dalam potongan, ya saya bilang potongan apakah itu di edit atau tidak kan jelas," ucap dia.

Sebelumnya diberitakan, beredar video diduga Hakim Wahyu Imam Santoso, Ketua Majelis Hakim kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J sedang curhat dengan seorang wanita di media sosial. Dalam video itu, diduga Hakim Wahyu cerita soal kasus yang ditanganinya dengan terdakwa Ferdy Sambo kepada seorang wanita.

Video diunggah oleh akun TikTok @pencerahkasus, dimana terlihat ada seorang pria diduga Hakim Wahyu memakai baju batik lengan panjang hitam, celana abu-abu dan sepatu hitam sedang duduk di sofa warna putih gading. Tampak, diduga Hakim Wahyu lagi menerima telepon.

Viral diduga hakim Ferdy Sambo

Photo :
  • istimewa

Setelah selesai berbincang melalui sambungan telepon, pria yang diduga Hakim Wahyu itu langsung melanjutkan diskusi dengan seorang wanita yang ada di dekatnya. Namun, belum diketahui siapa wanita yang jadi teman diskusi diduga Hakim Wahyu tersebut.

“Bukan, masalahnya dia enggak masuk akal banget dia nembak pakai pistol Josua. Tapi enggak apa-apa, sah-sah saja. Saya enggak akan pressure dia harus ngaku, saya enggak butuh pengakuan,” kata pria yang diduga Hakim Wahyu dikutip dari video pada Selasa, 3 Januari 2023.

Kemudian, wanita yang menemani pria diduga Hakim Wahyu itu langsung menimpali curhatan soal perkara pembunuhan berencana dengan terdakwa Ferdy Sambo. “Betul, ah Mas Wahyu bilang gitu. Saya tidak butuh pengakuan. Betul, betul,” kata wanita misterius itu.

Lalu, pria yang diduga Hakim Wahyu itu melanjutkan omongannya lagi bahwa majelis hakim yang menangani perkara tersebut tidak membutuhkan pengakuan dari terdakwa Ferdy Sambo.

“Saya enggak butuh pengakuan. Kita bisa menilai sendiri. Silakan saja saya bilang mau buat kaya gitu. Kemarin tuh sebenernya mulut saya sudah gatel, tapi saya diemin aja,” lanjut pria diduga Hakim Wahyu disambut tertawa wanita tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya