Sandiaga Bareng PWNU DKI Panen Ratusan Kilogram Lele, Omzetnya Belasan Juta Rupiah

Menparekraf Sandiaga Uno (tengah)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Menparekraf Sandiaga Uno bersama PWNU DKI memanen hasil budidaya ikan dalam ember lewat program 'Juragan Lele Lalap'. Hasil panen tersebut menghasilkan ratusan kilogram lele dan omzet hingga belasan juta rupiah.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Rumah SandiUno Indonesia (RSI) dan Rumah Siap Kerja (RSK). Panen dilakukan usai masa budidaya selama tiga bulan.

"Alhamdulillah hasil panennya mencapai 470 kilogram dan di harga 25 ribu per-pack tadi menghasilkan 15-17 juta rupiah," ujar Sandiaga Uno di Kantor Sekretariat PCNU Jakarta Timur, Jalan Pahlawan Revolusi No 146, Pondok Bambu, Duren Sawit, Sabtu, 7 Januari 2023.

Kapan Nama DKI Jakarta Berganti DKJ Resmi Digunakan?

Sandiaga juga sempat membuat bumbu lele frozen sambil memakai apron layaknya koki. Selain itu, Sandiaga juga memberikan bantuan pasca panen berupa peralatan pengolahan ikan menjadi lele frozen dan pelatihan.

Rencana Food Estate di Kepulauan Seribu, Heru Budi Bilang Begini

"Bukan hanya dinikmati para santri tapi juga membantu ekonomi di sekitar dimana kita berada. Dan ini juga proteinnya bisa meningkatkan intelektualitas dan daya ingat para santri untuk menghapal tambahan juz-juz sehingga InsyaAllah mereka bisa menjadi hafiz," ucapnya.

Sementara itu Rois Syuriah PCNU Jakarta Timur, KH Ibnu Mulkan menyebut program ini sangat bermanfaat. Ibnu berharap para pengurus NU bisa memasarkan hasil olahan ke warung-warung hingga supermarket.

"Saya anggap ini inovasi ya yang luar biasa dari Pak Menteri Sandi. Ini sangat membantu kami. InsyaAllah kami akan bermitra terus, bersinergi terus," kata Ibnu.

Dalam kesempatan ini turut hadir sejumlah tokoh. Beberapa di antaranya yakni Wakil Ketua PWNU DKI KH Lutfi Hakim, KH Nurul Ghulam, KH Zainal Arifin Ghufron dan segenap jajaran PWNU, ketua MWC dan ranting NU se-Jakarta Timur.

Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga Uno menyulap lahan tidur menjadi tempat budidaya ikan lewat program 'Juragan Lele Lalap' di Kantor Sekretariat PCNU Jakarta Timur. Saat itu, Sandiaga memberikan bantuan 5 unit kolam bioflok, 50 unit budikdamber, 6.000 ekor bibit ikan lele, pakan ikan lele hingga bibit kangkung.

"Inilah konsep kegiatan yang menunjukkan Islam yang 'rahmatan lilalamin' bahwa lahan-lahan yang Allah berikan kita sulap menjadi lahan yang produktif," ujar Sandiaga di Kantor Sekretariat PCNU Jakarta Timur pada Minggu, 9 Oktober 2022 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya