Status Gunung Ijen Waspada setelah Aktivitas Vulkanik Meningkat

Warga Terdampak Gas Beracun Gunung Ijen
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Seno

VIVA Nasional – Badan Geologi pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) RI menetapkan status Gunung Ijen naik dari level I normal menjadi level II waspada setelah terjadi peningkatan aktivitas vulkanik.

Abu Vulkanik Gunung Ruang Ganggu Penerbangan, Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

Gunung Ijen yang berbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, itu status dari normal naik jadi waspada sesuai rilis resmi Badan Geologi pada Kementerian ESDM, Nomor 1, Lap/GL.03/BGL./2023 tertanggal 7 Januari 2023.

"Benar, sesuai rilis resmi Badan Geologi pada Kementerian ESDM, per hari ini pukul 14.00 WIB status Gunung Ijen dari normal naik menjadi waspada," Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ijen, Suparjan saat dihubungi di Banyuwangi, Sabtu malam, 7 Januari 2022.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Kondisi Gunung Ijen terlihat dari Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur.

Photo :
  • BNPB

Menurut dia, peningkatan aktivitas vulkanik gunung api yang memiliki ketinggian 2.145 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu terpantau suhu air danau Kawah Ijen pada bulan Desember 2022 terukur 16 derajat celcius, dan pada 5 Januari 2023, pemeriksaan kawah menunjukkan suhu air danau kawah meningkat menjadi 45,6 derajat celsius.

Gunung Ruang Erupsi, 4 Penerbangan dari Soetta Menuju Manado Dibatalkan

Berdasarkan pengamatan visual dan instrumental periode 1 Desember 2022 hingga 7 Januari 2023, cuaca di Gunung Ijen cerah hingga hujan, angin bertiup lemah hingga kencang ke arah Timur, Selatan, dan Barat.

Sedangkan suhu udara tercatat antara 18-33 derajat celsius. Asap berwarna putih bertekanan lemah dengan intensitas tipis. Untuk tinggi asap antara 50-400meter dari puncak.

Sedangkan untuk pengamatan kegempaan pada umumnya fluktuatif, namun terjadi kecenderungan peningkatan pada gempa permukaan atau pada kedalaman dangkal.

Kondisi kawah Gunung Ijen.

Photo :
  • Dokumen BBKSDA Jawa Timur

Badan Geologi mencatat pada periode 1 Desember 2022 hingga Januari 2023 terekam 246 kali gempa hembusan 1 kali, gempa tremor non- harmonik 3 kali, gempa tornilli 890, gempa vulkanik dangkal 20, gempa vulkanik dalam 9 kali, gempa tektonik lokal, dan tremor menerus dengan amplitudo 0,5-2mm.

Badan Geologi merekomendasikan masyarakat, pengunjung maupun wisatawan dan para penambang belerang tidak mendekati kawah dalam radius 1,5 kilometer dari bibir kawah. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya