Sambo Minta Dilindungi Bripka RR, Hakim: Kamu Gak Berani Satu Lawan Satu dengan Yosua?

Ferdy Sambo, Jalani Pemeriksaan Sebagai Terdakwa
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional - Mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo meminta Bripka Ricky Rizal alias RR agar bisa mem-backup atau melindunginya jika Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J tiba-tiba melawan. Hal itu membuat heran majelis hakim dengan mencecar Sambo.

Alasan Nico Bunuh Wanita Open BO yang Jasadnya Ditemukan di Pulau Pari

Mulanya, majelis hakim bertanya alasan Sambo memerintah Bripka RR untuk melindunginya sebelum Brigadir J dieksekusi.

"Kamu meminta si Ricky menembak atau bagaimana?," kata hakim di ruang persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa, 10 Januari 2023.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Sambo pun menjelaskan instruksiknya ke Ricky Rizal. Dia bertanya soal kejadian di Magelang, Jawa Tengah terkait dugaan pelecehan yang dalami istri Sambo, Putri Candrawathi. 

"Kamu nggak tahu kalau ibu dilecehkan sama Yosua. Dia jawab saya tidak tahu bapak. Kemudian saya dalam kondisi emosi menyampaikan saya akan konfirmasi ke Yosua. Siap tembak nggak kalau dia melawan, kamu siap tembak nggak?" tutur Sambo.

Skenario Tante Bunuh Keponakan di Tangerang, Ambil Perhiasan Korban Biar Dikira Kasus Pencurian

Hakim kembali bertanya alasan Sambo yang mesti mengajak Ricky Rizal untuk mengeksekusi Brigadir J. Hakim heran mengapa Sambo tak sanggup melawan Brigadir J dengan seorang diri.

"Kamu nggak berani sama Yosua?," kata hakim.

"Saya bukan yang berani Yang Mulia," jawab Sambo

"Kalau satu lawan satu berani nggak?," tanya hakim lagi.

"Saya berani Yang Mulia," beber Sambo.

Hakim kembali bertanya kepada Sambo yang ngaku berani melawan Brigadir J dengan seorang diri. Ia mengatakan demikian karena Brigadir J punya kemampuan bela diri.

"Kamu tahu kalau dia olahragawan?," tanya hakim.

"Saya tidak tahu," kata Sambo

"Banyak yang mengatakan Yosua itu jago dalam silat, taekwondo juara satu katanya di Jambi. Saat itu kamu tahu nggak dia jago beladiri?," ucap hakim

"Saya tidak tahu," beber Sambo.

"Apa yang latar belakang kamu suruh Ricky untuk backup?," kata hakim.

Ferdy Sambo, Jalani Pemeriksaan Sebagai Terdakwa

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Namun, Sambo berdalih Ricky Rizal tetap harus melindunginya. Sebab, tugas seorang ajudan yakni melindungi atasannya.

"Saya kan punya ajudan Yang Mulia saya harus bisa memanfaatkan mereka untuk mem backup saya dalam hal tertentu. Karena kondisi ini kita tidak tahu apa yang terjadi nanti," tutur Sambo.

"Ibarat mau perang?," sebut hakim

"Kalau berperang sih tidak yang mulia," ujar Sambo.

Nggak Kuat Mental

Sebelumnya, dalam pembacaan dakwaan, jaksa penuntut umum menyampaikan sebelum Brigadir J tewas, Ferdy Sambo sempat meminta Ricky Rizal untuk menembak Brigadir J.

"Terdakwa Ferdy Sambo meminta kepada Ricky Rizal Wibowo dengan berkata, kamu berani nggak tembak dia (Brigadir J) dijawab Ricky Rizal tidak berani pak karena saya nggak kuat mentalnya pak," kata JPU saat bacakan dakwaan di PN Jakarta Selatan, Senin, 17 Oktober 2022.

Dalam hal itu, Sambo tak mempersoalkan penolakan dari Bripka RR. Meski demikian, Sambo minta kepada RR untuk mem-backup dirinya jika Yosua melakukan perlawanan.

Kemudian, Ricky Rizal tak membantahnya sehingga Sambo meminta Ricky untuk memanggil Richard Eliezer alias Bharada RE).

"Selanjutnya karena tidak ada bantahan dari Ricky Rizal, terdakwa Ferdy Sambo untuk mendukung rencana yang sudah diinginkan dan dikendakinya tersebut menyampaikan pada Ricky Rizal untuk memanggil Richard Eliezer," demikian isi dakwaan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya