Rumah Tiko Kini Tersambung Listrik, Hadiah dari PLN

Penampakan rumah Ibu Eny dan Tiko
Sumber :
  • ANTARA/Yogi Rachman

VIVA Nasional – Rumah mewah milik Eny Sukaesi dan anaknya, Pulung Mustika Abima alias Tiko kini kembali dialiri listrik. Rumah yang semula terlihat gelap karena gelap kini tampak benderang.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

Lewat program “Light Up The Dream” PT PLN memberikan sambungan listrik baru secara gratis untuk rumah mewah di Jalan Paron, Cakung, Jakarta Timur itu.

"Light Up The Dream ini program PLN untuk berdonasi, membantu saudara-saudara kita yang kekurangan dan membutuhkan listrik," kata Manager PLN UP3 Cempaka Putih Majuddin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, 10 Januari 2023, seperti dikutip dari Antara.

Viral Curhat Penumpang Dipaksa Transfer Uang Rp100 Juta oleh Driver Taksi Online

Penampakan rumah Ibu Eny dan Tiko

Photo :
  • Ist

Program ini, kata Majuddin, merupakan donasi dari pegawai PT PLN untuk membantu masyarakat tidak mampu yang membutuhkan listrik, seperti keluarga Ibu Eny dan Tiko.

Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan

Selain gratis sambung baru, PLN juga memasang instalasi listrik baru di rumah viral tersebut, seperti kabel, colokan dan stop kontak. Majuddin mengatakan sambungan listrik yang diberikan sesuai kebutuhan keluarga itu.

Petugas PLN juga membantu mengecek instalasi listrik yang lama di rumah tersebut. Sekretaris RT 06/02 Jatinegara Antoro menyampaikan terima kasih kepada PLN perwakilan lingkungan dan pemilik rumah tersebut. Pada saat ini, Ibu Eny masih menjalani perawatan kejiwaan di RSKD Duren Sawit.

“Atas perhatian dan hadirnya listrik di kediaman Ibu Eny, kami atas nama warga dan pemilik rumah berterima kasih kepada PLN. Dengan ini Ibu Eny dan Tiko bisa beraktivitas lebih nyaman,” kata Antoro.

Selama belasan tahun, Tiko dan Ibu Eny bertahan menempati rumah mewah namun tanpa listrik dan udara itu. Rumah mewah Tiko dan ibunya sempat viral karena terbengkalai, dipenuhi semak dan pepohonan tinggi.

Kisah Tiko dan ibunya itu menarik simpati masyarakat. Kelompok relawan dan tim Damkar membantu membersihkan rumah itu dan memotong semak dan pohon sehingga rumah itu terlihat lebih rapi.

Kunjungan ke Rumah Tiko Kini Dibatasi

Pengunjung rumah Tiko

Photo :

Sebuah tulisan informasi terpampang di pagar rumah dua lantai milik Eny Sukaesi, perempuan lansia yang menghuni di sana bersama anak Tiko, tanpa listrik dan air. Informasinya bahwa kunjungan ke rumah di kawasan Jakarta Timur itu kini dibatasi.

Maaf ya, sekarang kami sudah batasi kunjungan masuk ke dalam rumah sampai jam tiga sore," ujar Iwan, pria yang mengaku sebagai anggota satuan pengamanan kepada Tempo, Selasa, 10 Januari 2022.

Iwan yang bertubuh kurus dan berambut lurus ini kemudian menggembok pintu. Tak lama berselang, muncullah satu pria yang memboyong dua perempuan memasuki rumah mewah Eny.

Iwan msenyebut Tiko tengah sibuk mengurusi sang ibunda di rumah sakit. Eny baru dibawa ke rumah sakit di hari yang sama ketika petugas dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur datang untuk membersihkan hunian tersebut pada Rabu, 4 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya