Ibu-ibu di Tasikmalaya Diberi Pelatihan Agar Dapat Cuan Lebih

Sahabat SandiUno menggelar pelatihan budidaya ikan nila
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Ikan merupakan komoditas unggulan yang banyak diminati masyarakat. Untuk itu, Sahabat SandiUno menggelar pelatihan budidaya ikan nila dan pakan mandiri maggot sebagai bentuk mendorong produktivitas dalam memenuhi kebutuhan hingga terciptanya peluang usaha.

Kemenparekraf Fasilitasi 24 Jenama Kreatif di Italia

Ketua Sahabat SandiUno Tasikmalaya, Akaw mengatakan pelatihan ini menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Dikarenakan budidaya ikan nila dapat diolah menjadi abon hingga minuman seperti cendol.

"Kami melakukan pelatihan mengenai budidaya perikanan dan pakan mandiri maggot, untuk memperdayakan masyarakat supaya mempunyai penghasilan dalam meningkatkan kehidupan menuju kemakmuran. Adapun beberapa hasil dari olahan ikan yaitu ada abon nila, ice cream nila, brownies nila, dan baso ikan," kata Akaw di Villa Bumi Ambu, Kecamatan Cipedes, Kabupaten Tasikmalaya, dikutip Rabu, 11 Januari 2023.

Sandiaga Uno Puji Karung Penyelamat Motor di Turunan Maut, Reaksi Netizen di Luar Dugaan

Akaw menilai Sandiaga Uno figur penggerak ekonomi melalui program nyata. Sehingga pelatihan yang diberikan dapat menginspirasi untuk membuka peluang usaha dengan produk olahan ikan.

Soal Sandiaga Kunjungi Rumah Prabowo, Gerindra Sebut Ada Gestur Politik

"Sandiaga merupakan tokoh penggerak ekonomi melalui pelatihan yang diberikan kepada masyarakat, khususnya di Tasikmalaya. Saya berharap olahan ikan ini, dapat menginspirasi dalam membuka peluang usaha baru," ujar Akaw. 

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan bernama Nia (47), mengakui akan membuka usaha brownies ikan nila dalam waktu dekat. Menurutnya produk baru ini akan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

"Saya merasa bangga mengikuti pelatihan budidaya ikan, karena ini dapat menjadi peluang usaha bagi saya untuk menciptakan produk inspirasi seperti brownies yang terbuat dari ikan nila," tutur Nia. 

Nia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sandiaga Uno dan relawan Sahabat SandiUno. Ia pun menuturkan di tengah kenaikan harga kebutuhan pokok membutuhkan penghasilan tambahan untuk membantu perekonomian rumah tangga.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Sahabat Sandi dan Pak Sandiaga Uno yang telah membuat program seperti ini, sehingga masyarakat di Tasikmalaya khususnya ibu-ibu berkeinginan memiliki pendapatan lebih tidak hanya dari suami," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya