Irjen Mathius Ungkap 9 Titik Rawan Gangguan Keamanan di Papua

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Aman Hasibuan (Papua)

VIVA Nasional – Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri mengungkapkan ada sembilan titik yang menjadi perhatian aparat penegak hukum di Papua karena rawan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Diantaranya, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Nduga, Puncak Jaya, Dogiyai, Paniai, Intan Jaya, dan Kota Jayapura. “Ini masih menjadi atensi khusus dari Polda Papua untuk penanganan bisa lebih baik lagi,” kata Mathius saat konferensi virtual pada Rabu, 11 Januari 2023.

Apalagi, Mathius mengaku sudah berdiskusi dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bahwa ada tingkat kerawanan yang perlu diantisipasi proses pelaksanaan Pemilu 2024. Sebab, tahun 2023 ini sudah memasuki tahun politik.

Presiden PKS: Kami Belum Dapat Pasangan Ajukan Hak Angket

Kepala Polda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Jayapura, Kamis, 18 Maret 2021.

Photo :
  • ANTARA/Evarukdijati

Hobi Lari, Politisi Golkar Misbakhun Capai Finis di London Marathon 2024

“Tentunya di sembilan titik ini menjadi titik kerawanan yang harus kita lakukan pengelolaan keamanan secara ekstra,” ujarnya.
Polda Jatim: Kapolda Instruksikan Tindak Tegas Polisi di Surabaya yang Diduga Cabuli Anak Tiri


Bahkan, Mathius mengatakan Polda Papua telah menyiapkan pengamanan sebanyak 200 personel atau 2 satuan setingkat kompi (SSK) Brimob untuk menambah perkuatan Polda Papua. Selain itu, ia menyebut Kapolri akan kerahkan 1.000 lebih pasukan bila eskalasi meningkat.

“Sehingga, kita akan kelola dulu apa yang nanti dukungan awal untuk bisa memback-up di sembilan titik ini memperkuat Polres-polres dalam penanganan wilayahnya," jelas dia.
Cak Imin di DPP PKB usai Gelar Rapat Tertutup Tanggapi Putusan MK

Hak Angket Makin Gelap, Cak Imin Sebut PKB Berkeinginan Tetap Berjalan

Hak angket DPR RI tentang Pemilu 2024, hingga saat ini masih belum menemui titik terang. Namun, hak angket dinilai cara untuk memperbaiki pelaksanaan pemilu ke depannya.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024