Bos Indosurya Henry Surya Janji Usaha Maksimal Ganti Kerugian

Persidangan kasus KSP Indosurya
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Bos Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya, Henry Surya mengaku juga merasakan penderitaan para anggota KSP yang mengalami kerugian lantaran kasus gagal bayar. Henry berdalih tidak akan menutup mata dan kembali menyatakan komitmennya untuk mengembalikan hak para anggota.

Bus Putra Sulung Tertabrak Kereta Api di OKU Timur, Penumpang Berhamburan

“Sebagaimana komitmen saya sejak awal, saya tidak akan menutup mata terhadap kerugian-kerugian yang dialami oleh para anggota KSP Indosurya Inti/Cipta dan dengan penuh itikad baik, Saya melalui PT Sun International Capital akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk mengganti seluruh kerugian yang dialami oleh anggota KSP Indosurya Inti/Cipta," kata Henry Surya di PN Jakarta Barat, Rabu, 11 Januari 2023.

Pendiri Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta Henry Surya

Photo :
  • ANTARA/Citro Atmoko
Anak di Bawah Umur Diduga Dicabuli Saudara di Cengkareng, Begini Modusnya

Menurut Henry, komitmennya itu seharusnya dilakukan melalui skema penyelesaian hutang yang telah dituangkan dalam Putusan Homologasi/Perdamaian Nomor 66/Pdt.Sus-PKPU/2020/PN.Niaga.Jkt.Pst.

Henry mengatakan niat untuk membayar hutang ini juga sebagai iktikad baik untuk menjaga reputasinya dan keluarganya sebagai pebisnis. Dia menyampaikan akan bertanggung jawab menyelesaikan kerugian para korban.

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

"Jika saya diberikan kesempatan oleh para korban, saya akan berusaha dan optimis untuk menyelesaikan seluruh kewajiban pembayaran kerugian para korban. Bukankah tujuan dari persidangan ini adalah untuk meminimalisir kerugian-kerugian yang dialami oleh para korban?" kata Henry Surya.

"Oleh karena itu, izinkan saya untuk melanjutkan usaha saya dalam menyelesaikan pembayaran seluruh kerugian yang dialami oleh para korban yang mana sejak tahun 2020 telah saya laksanakan sepenuh hati," imbuhnya.

Henry menambahkan, dirinya telah melakukan pembayaran utang sebesar Rp 2,7 Triliun lewat mekanisme penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU). Dia menyesal upaya itu terhambat karena dirinya tengah ditahan atas perkara ini.

"Karena niat baik dan iktikad baik dari saya untuk menyelesaikan permasalahan gagal bayar selama 2 tahun, saya tidak kabur dan sudah membayarkan melalui mekanisme PKPU dan asset settlement dengan nilai Rp2,7 triliun ini adalah fakta dan nyata. Sangat disesali saya sekarang berada di dalam tahanan, saya terhambat untuk menyelesaikan semua permasalahan ini," kata Henry.

Sidang KSP Indosurya di Pengadilan Niaga, Jakarta Pusat

Photo :
  • VIVAnews/Edwin Firdaus

Henry kembali menegaskan perkara ini merupakan permasalahan perdata. Dia memohon putusan bebas kepada majelis hakim.

"saya meyakini telah keliru dalam menilai pendirian dan pengelolaan KSP Indosurya Inti/Cipta, bahwa baik dalam pendirian KSP Indosurya Cipta, penghimpunan dana hingga terjadi kondisi gagal bayar KSP Indosurya Cipta. Seluruhnya di dalam domain perikatan atau keperdataan antara para anggota dan KSP Indosurya Cipta, bukan perbuatan pidana atau perbuatan yang dapat memidanakan saya," ujarnya.

Henry menyampaikan banyak orang yang menginginkan dia dihukum seberat-beratnya seperti tuntutan JPU. Dia menyebut hal itu bukan atas asas keadilan, melainkan atas dasar kemarahan para korban.

"Bukan karena demi keadilan, tetapi karena kemarahan atas sumirnya pembuktian dan kemarahan para anggota Koperasi KSP Indosurya Inti/Cipta yang didasari atas ketidaktahuan atau tidak pahamnya mereka terhadap penyebab gagal bayarnya KSP Indosurya Inti/Cipta, tanpa peduli kebenaran dan fakta-fakta yang terungkap dalam persidangan yang mulia ini," kata Henry.

Secara terpisah, Penasihat Hukum Henry Surya, Soesilo Aribowo, menjelaskan latar belakang terjadinya gagal bayar KSP Indosurya. Dia mengatakan hal itu terjadi akibat krisis keuangan global pada 2018-2019.

"Kendala Kospin Indosurya Cipta dalam membayar imbal jasa dan melakukan pencairan kepada pemegang sertifikat simpanan berjangka, terjadi karena dampak krisis sektor finansial atau keuangan global pada 2018 hingga 2019, diperparah wabah pandemi COVID-19 yang telah merebak sejak awal tahun 2020 sampai sekarang, hingga dunia usaha mengalami kelesuan," kata Soesilo.

Mengenai gagal bayar, Soesilo mengklaim Henry Surya menunjukkan iktikad baik. Hal tersebut tercermin dari penyelesaian pengembalian dana simpanan berjangka anggota KSP Indosurya.

"Terkait gagal bayar a quo, sesungguhnya terdakwa Henry Surya telah menunjukkan iktikad baik untuk menyelesaikan pengembalian dana simpanan berjangka anggota, melalui Putusan PKPU Nomor 66/Pdt.Sus-PKPU/ 2020/PN.Niaga.Jkt.Pst," kata Soesilo.

Soesilo pun meminta agar kliennya bisa dibebaskan dari dakwaan JPU. Lebih lanjut, Soesilo mengatakan, jika dipaksakan dinyatakan bersalah, dia meminta majelis hakim tak menjatuhkan hukuman pidana atas Henry Surya.

"Namun, jika terdakwa dipaksakan untuk dinyatakan bersalah, penasihat hukum dan terdakwa memohon dengan segala hormat agar Yang Mulia Majelis Hakim memberikan putusan, pertama, perbuatan terdakwa Henry Surya sebagaimana dakwaan alternatif kesatu pertama dan kedua pertama, bukan merupakan tindak pidana," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya