Bogor Diguncang Gempa, BPBD Belum Terima Laporan Kerusakan

Petugas BPBD menunjukkan titik gempa. (foto ilustrasi).
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

VIVA Nasional - Gempa berkekuatan magnitudo 5 mengguncang 25 kilometer di barat laut Kota Bogor pada Minggu, 15 Januari 2023, sekitar pukul 03.32 WIB. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor masih lakukan pengecekan.

KPK Cegah Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Usai jadi Tersangka Kasus Korupsi Potongan Insentif

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Theofilo Patrocinio Freitas menjelaskan belum ada laporan kerusakan maupun korban terkait dampak gempa. Gempa kedalaman 132 kilometer itu berpusat di 25 kilometer barat laut Kota Bogor, Jawa Barat, tepatnya di Kecamatan Cigudeg.

"Terkait dampak dari gempa tadi subuh sejauh ini belum ada laporan masuk dari masyarakat maupun aparatur wilayah setempat," kata Theofilo dikutip dari Antara, Minggu, 15 Januari 2023.

Diduga Bunuh Diri, Anton Bahrul Nekat Terjun ke Sungai Brantas

Theofilo merincikan laporan yang disampaikan BMKG mengenai gempa yang terjadi dini hari tersebut.

Pada Minggu dini hari tadi sekitar pukul 03.32.19 WIB, wilayah Kecamatan Cigudeg, Bogor, Jawa Barat diguncang gempa tektonik.

BNPB Sebut 14 Orang Meninggal Dunia Akibat Tanah Longsor di Tana Toraja

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa kali ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,7. Episenter gempa bumi pada koordinat 6,52 derajat Lintang Selatan, 106,58 derajat Bujur Timur. Tepatnya gempa berlokasi di darat wilayah Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan kedalaman 146 km.

Dengan perhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah. Gempa itu dipicu aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia. 

Dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun atau normal fault.

Berdasarkan estimasi peta guncangan atau shakemap gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Cikeusik, Kabupaten Bogor dengan skala intensitas III MMI dengan getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Ilustrasi gempa bumi.

Photo :
  • Freepik

Guncangan gempa seperti getaran seakan-akan ada truk berlalu di daerah Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor dengan skala intensitas II MMI. Lalu, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 03.55 WIB, hasil pemantauan BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan tak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, masyarakat bisa menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. (Ant)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya