Gunung Dieng Berstatus Waspada, Disporapar Jateng Minta Wisatawan Taati Aturan

Kawah di Dieng, Jateng.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional – Gunung Dieng saat ini telah ditetapkan berstatus waspada. Itu lantaran ada peningkatan aktivitas di area kawah, baik yang berada di wilayah Kabupaten Wonosobo maupun di Banjarnegara Jawa Tengah. 

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah meminta agar wisatawan yang berkunjung ke kawasan Dataran Tinggi Dieng untuk mematuhi aturan sesuai rekomendasi pihak berwenang.

"Kami mengimbau untuk wisatawan, sementara ini waspada di sekitar Kawah Seleri Dieng, sesuai imbauan dari Badan Geologi Kementrian ESDM, sampai dengan ada pemberitahuan lebih lanjut," kata Plh. Kepala Disporapar Jateng, Purwanto, Senin, 16 Januari 2023.

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah

Wisatawan mengunjungi salah satu kawah di Dieng, Jateng.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Sebelumnya Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM merilis data perkembangan aktifitas di Pegunungan Dieng. Dalam rilis 14 Januari 2023 menyebutkan terjadi peningkatan aktivitas vulkanik yang ditandai dengan meningkatnya kejadian gempa vulkanik dalam dan gempa tektonik lokal sejak 9 Januari 2023. Hal ini dapat mengindikasikan terjadinya rekahan di kedalaman sebagai akibat dari aktivitas vulkanik di Dieng.  

Misteri Hilangnya Dusun Legetang di Kawasan Dieng, Ratusan Jiwa Terkubur Hidup-hidup

Kemudian terjadi peningkatan konsentrasi gas CO2 di Kawah Timbang dengan rata-rata antara 0,09% - 0,11 % pada kurun waktu tanggal 1 Januari 2023  sampai dengan 13 Januari 2023. Suhu air dan suhu tanah di Kawah Sileri berturut turut antara 68,5-68,60C dan 21,6-21,70C, yang menunjukkan kondisi yang relatif stabil.

Potensi bahaya yang bisa ditimbulkan akibat meningkatnya aktivitas vulkanik di Dieng saat ini adalah meningkatnya konsentrasi gas vulkanik terutama CO2 di Kawah Timbang, yang dapat diikuti oleh terjadinya aliran gas CO2 dan erupsi freatik di Kawah Sileri berupa semburan lumpur atau lontaran material. Erupsi freatik atau semburan lumpur bisa terjadi tanpa didahului oleh adanya peningkatan aktivitas baik visual maupun kegempaan..

Gunung Pangonan, Dieng

Photo :
  • VIVA.co.id/ Dwi Royanto

Berdasarkan hasil evaluasi secara menyeluruh maka tingkat aktivitas Gunung Dieng dinaikkan dari Level I (normal) menjadi Level II (waspada) terhitung sejak tanggal 13 Januari 2023 pukul 23:00 WIB dengan rekomendasi yang disesuaikan dengan potensi ancaman bahaya terkini.

PVMBG mengimbau agar masyarakat dan wisatawan tidak mendekati Kawah Sileri pada jarak 1 km meter dari bibir kawah. Selain itu masyarakat tidak melakukan aktivitas di Kawah Timbang, dan agar waspada jika melakukan penggalian tanah di sekitar Kawah Timbang karena dapat berpotensi terpapar gas CO2 yang berbahaya bagi kehidupan.

Kemudian masyarakat dan wisatawan diminta agar tidak memasuki kawah-kawah di Kompleks Dieng yang dapat berpotensi terjadi erupsi freatik berupa semburan lumpur atau lontaran material, dan di kawah-kawah dengan konsentrasi gas vulkanik yang tinggi dan berbahaya bagi kehidupan.  

Tingkat aktivitas Gunung Dieng dapat dievaluasi kembali jika terdapat perubahan aktivitas secara visual dan instrumental yang signifikan.

Lapoan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya