Kebakaran di Rumah Dinas Kapolda Papua Diduga Akibat Korsleting Listrik

Rumah dinas Kapolda Papua kebakaran
Sumber :
  • Ist

VIVA Nasional – Kebakaran terjadi di rumah dinas Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri yang berlokasi di Jalan Trikora, Distrik Jayapura pada Selasa, 17 Januari 2023. Api mulai menghanguskan kediaman Irjen Mathius sekitar pukul 04.45 WIT.

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Ganja 13.430 Gram dari Papua Nugini ke Papua

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan salah seorang saksi yang bertugas piket menjaga rumah dinas Irjen Mathius mengetahui kebakaran setelah mendengar teriakan dari dalam rumah. 

"Tiba-tiba mendengar teriakan dari dalam kediaman dengan kata 'ada asap', mendengar teriakan tersebut saksi bersama rekan-rekannya yang berjaga langsung berlari ke arah dalam kediaman," kata Ignatius dalam keterangannya, Selasa, 17 Januari 2023.

Sosok Jenderal Kopassus di Balik Operasi 20 Menit Rebut Homeyo dari Tangan OPM

Saat itu, terlihat sumber api berada di bagian sudut kiri, bagian belakang rumah dinas. Asap juga sudah menebal dan sempat terdengar suara ledakan dari dalam disertai dengan api yang menyala.

Kebakaran di rumah dinas Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri.

Photo :
  • Polda Papua.
Tiga Kapal di Muara Baru Terbakar, 3 Orang Tewas

"Saksi dan rekan lainnya berusaha memadamkan api dengan alat seadanya sambil meminta bantuan dan melaporkan kejadian ke piket Mapolda Papua," bebernya. 

Ignatius mengatakan api berhasil dipadamkan satu jam setelah kejadian. Pun dalam hal ini, Irjen Mathius beserta keluarga dipastikan tidak ada di dalam rumah saat peristiwa kebakaran terjadi.

Hingga saat ini, pihaknya masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran yang melanda rumah dinas Irjen Mathius tersebut. Kepolisian juga tengah mengumpulkan keterangan beberapa saksi hingga melakukan olah TKP untuk menyelidiki penyebab kebakaran.

"Kepolisian telah memasang garis polisi pada lokasi kejadian, dan masih didalami sebab-sebab terjadinya kebakaran," ungkapnya

Terpisah, Kabid Damkar Kota Jayapura Margaretha Veronita Kirana mengatakan dugaan sementara penyebab kebakaran rumah dinas Kapolda Papua akibat arus pendek atau korsleting dari salah satu ruangan. "Untuk memastikan masih dilakukan penyelidikan oleh kepolisian," kata Margaretha.

Sebelumnya diberitakan, rumah dinas Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri yang terletak di Jalan Trikora, Dok V Atas, Papua, terbakar pada Selasa pagi, 17 Januari 2023. Hal itu dibenarkan Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo.

"Ya benar telah terjadi kebakaran kediaman bapak Kapolda Papua. Kebakaran terjadi sekitar pukul 04.45 WIT," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo saat dihubungi melalui selulernya. 

Beruntung, saat kebakaran terjadi, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri sedang tidak berada di rumah dinas. "Saat terjadi kebakaran bapak Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri sedang melakukan kunjungan kerja," pungkas Ignatius.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya