Akses Bertemu Ditutup, Keluarga Lukas Enembe Protes KPK

Adik Lukas Enembe, Elius Enembe (kaos oranye) di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari.

VIVA Nasional – Pihak keluarga Gubernur Papua, Lukas Enembe, memprotes Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lembaga antirasuah itu dinilai telah menutup akses keluarga untuk menemui Lukas Enembe yang tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto. 

KPK Optimis Praperadilan Mantan Karutan Akan Ditolak Hakim

"Kami keluarga, hingga pengacara tidak bisa bertemu dengan Bapak Lukas Enembe. Kami ke rumah sakit ini untuk melihat kondisi bapak, tapi akses pun susah. Belum lagi penyidik KPK tidak memberikan update," kata adik Lukas, Elius Enembe kepada wartawan di RSPAD, Rabu, 18 Januari 2023.

Elius merasa heran dengan tertutupnya akses bagi keluarga untuk menemui Lukas Enembe. Padahal, Lukas Enembe saat ini tengah dalam kondisi kesehatan yang cukup memprihatinkan.

Usai Geledah Ruang Kerja, KPK Panggil Lagi Sekjen DPR Indra Iskandar

Gubernur Papua Lukas Enembe mengenakan baju tahanan KPK di RSPAD Gatot Subroto.

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari.

"Kita dapat keterangan dari pimpinan rumah sakit kalau bapak sakit kronis ginjal. Sementara saat ini juga bapak pakai pampers dan buang air kecil itu di atas tempat tidur, ini sangat prihatin," ungkapnya. 

Usut Kasus Pungli Rutan, KPK Panggil Mantan Wakil Ketua DPR

Tidak diperbolehkannya mengunjungi Lukas Enembe, cukup membingungkan pihak keluarga. Terlebih, sejauh ini Lukas Enembe juga masih mengemban jabatan sebagai Gubernur Papua. "Sampai saat ini juga Lukas Enembe masih jadi Gubernur Papua, karena surat tugas hingga 23 Agustus 2023. Hingga saat ini belum ada surat dari Mendagri terkait penonaktifan," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe kembali dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) pada Selasa 17 Januari 2023. Hal tersebut dikonfirmasi kebenarannya oleh Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri. 

"Informasi yang kami peroleh, Lukas Enembe dibawa ke RSPAD hanya untuk rawat jalan atas rekomendasi dokter KPK," kata Ali dalam keterangan tertulisnya, Selasa 17 Januari 2023.

Dia mengatakan kondisi kesehatan Lukas Enembe tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Ali menyebut Lukas Enembe hanya menjalani pemeriksaan dokter dan penambahan obat-obatan yang diperlukan. 

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri.

Photo :
  • Humas KPK

Diketahui, Lukas Enembe diamankan KPK di Jayapura, Papua pada Selasa, 10 Januari 2023. Status Enembe merupakan tersangka korupsi penerimaan suap dan gratifikasi terkait proyek pembangunan infrastruktur di wilayah Papua. Usai diamankan, Enembe langsung dibawa ke Jakarta. 

Begitu sampai Jakarta, politikus Demokrat itu sempat menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto. Namun, hal itu tak lama karena Enembe kemudian diamankan KPK untuk ditahan di Rutan KPK Pomdam Jaya Guntur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya