Erick Thohir Ungkap Jurus Kementerian BUMN Majukan UMKM RI

Menteri BUMN Erick Thohir bersama dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Menteri BUMN Erick Thohir terus menggalakkan program pendampingan UMKM Bank Syariah Indonesia (BSI). Program ini adalah Talenta Wirausaha BSI 2023. Sejak sukses diselenggarakan pada tahun 2022, Erick Thohir bersama BSI kembali menjalankan program tersebut untuk membantu kemajuan dan perkembangan wirausaha dan UMKM Indonesia.

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

"Dalam upaya mengasah kemampuan dan meningkatkan kesejahteraan dan wirausaha dan UMKM, Kementerian BUMN melakukan transformasi, di antaranya merger bank syariah Himbara menjadi BSI. Hingga BSI pun terus menyediakan program yang sesuai dengan kebutuhan wirausaha serta UMKM Indonesia," terang Erick Thohir, Kamis 19 Januari 2023

Ilustrasi UMKM.

Photo :
Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Talenta Wirausaha BSI 2023 kembali digelar sebagai wadah bagi calong pengusaha muda untuk mengembangkan usaha. Di tahun ke dua ini, BSI menargetkan 7.500 peserta yang akan mendaftar.

Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya berkisar 5.500 peserta. Dengan ini terdapat penambahan peserta sebesar 2.000.

AHY Ogah Bebankan Prabowo soal Jatah Menteri Buat Demokrat

Di samping itu, juga terdapat tambahan pada sektor kategori yakni muslimpreneur untuk membidik santripreneur. Jadi, terdapat empat kategori yakni pemula, tintisan, berdaya dan muslimpreneur.

Penambahan fokus bagi talenta-talenta dari kalangan pesantren ini juga menjadi bukti kepedulian Erick Thohir terhadap insan pesantren. Ada porsi sekitar 20 persen untuk insan pesantren dari 7.500 orang pendaftar yang bisa mendaftar ke Talenta Wirausaha BSI 2023. 

Setelah diserap 7.500 calon pengusaha, nantinya akan disaring menjadi hanya 2.000-an pengusaha. BSI nantinya akan mendampingi untuk memperbaiki proposal usaha para peserta yang telah disaring.

Setelah itu, akan disaring lagi lebih lanjut untuk menentukan sekitar 10 besar usaha terbaik seperti tahun lalu. Pada ujungnya akan melahirkan pengusaha-pengusaha baru yang bisa juga bermitra dengan BSI.

Erick Thohir Semangati UMKM Binaan Pertamina di Tong Tong Fair Belanda.

Photo :

Melalui program ini Erick Thohir berharap lahir pengusaha-pengusaha baru yang mampu menyukseskan diri sendiri dan lingkungannya. Sehingga, ke depannya mampu memberikan kontriusi lebih bagi daerah dan negara.

"Sebagai keseriusan mendorong UMKM yang telah terbukti menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Kini program talenta wirausaha BSI siap on boarding, satu mimpi usaha yang terwujud dari talenta wirausaha BSI akan dapat membawa Indonesia semakin maju, makmur, dan mendunia," tutup Erick Thohir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya