Kompol Samuel Cerita Detik-detik Warga Papua Tewas Ditembak

Ilustrasi penembakan
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVA Nasional – Satu warga di Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah tewas tertembak. Hingga saat ini aparat kepolisian masih menyelidiki insiden penembakan tersebut. 

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Kapolres Dogiyai Kompol Samuel D Tatiratu menjelaskan, kejadian penembakan itu bermula dengan adanya sejumlah truk warna kuning dari Kabupaten Paniai menuju Kabupaten Nabire yang kemudian di palang oleh pemuda yang dalam kondisi di pengaruhi minuman keras. 

Ilustrasi penembakan.

Photo :
  • Pixabay/stevepb
TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

“Penembakan warga ini terjadi di kilo 100 jalan Trans Paniai-Nabire. Kita masih selidiki insiden penembakan itu,” kata Kompol Samuel Tatiratu, Sabtu, 21 Januari 2023.

Ia mengatakan, polisi telah melakukan evakuasi terhadap salah satu sopir truk yang juga dianiaya dan di tikam oleh sekelompok warga. Di mana diduga tembakan itu berasal dari truck yang dibakar warga. 

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

“Sopir yang ditikam ini sudah berada di Rumah Sakit untuk mendapat perawatan medis,”ujarnya.

Ilustrasi penembakan

Photo :
  • ANTARA/Andika Wahyu

Lebih lanjut Samuel menjelaskan, saat kejadian mobil truk di duga dilempari sekelompok pemuda kampung yang mabuk. Kemudian hal itu di respons dengan dilakukannya tembakan dari dalam truk.

“Kami dapat laporan ada seorang pemuda yang ditembak dari dalam mobil truk. Selanjutnya anggota kami langsung merespons dengan melakukan pengejaran terhadap truk tersebut,”ungkap Samuel.

Selain itu, ujar Samuel, bahwa di salah satu kampung yang tidak jauh dari lokasi kejadian di dapati 1 truk telah dibakar. Kemudian supirnya dianiaya dan ditikam.

“Kami pun langsung menyelamatkan korban (sopir truk) dan kini telah mendapat pertolongan medis,”sebutnya.

Samuel juga membenarkan bahwa terdapat 1 orang meninggal dunia akibat luka tembak. Kemudian 1 orang lagi terluka akibat jatuh dati sepeda motor. 

“Dari informasi yang kami terima, ada 2 orang terluka tembak, namun yang tertembak hanya 1 orang dan 1 lagi terluka bagian lututnya akibat jatuh dari sepeda motor,”ucap Samuel.

Samuel mengaku, hingga sekarang pihaknya belum bisa memastikan kondisi di ibu kota Kabupaten Dogiyai pasca kejadian ini, karena iya bersama anggotanya baru selesai mengamankan lokasi kejadian dan menangkap pelakunya. 

“Pelaku kita amankan. Sekarang kami titipkan ke Polres Nabire, tapi Kami belum lakukan setelah situasi tenang,”tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya