Momen Pertemuan Bersejarah Dua Menteri Perdagangan di Al Ula, Arab Saudi

Mendag RI Zulkifli Hasan bertemu Mendag Arab Saudi Majid bin Abdullah di Al Ula
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Menteri Perdagangan Arab Saudi menilai pertemuan bilateral Arab Saudi-Indonesia di Al Ula pada hari Minggu 22 Januari 2023 sebagai pertemuan bersejarah. Hal ini sebagai upaya untuk memperbaiki kinerja hubungan perdagangan sebelumnya. 

Terungkap 3 Alasan Iran dan Arab Saudi Saling Bermusuhan, Isu Agama Paling Kuat

Untuk pertama kalinya, Kerajaan Arab Saudi menjamu pejabat setingkat menteri di Al Ula. Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan mendapatkan kehormatan tersebut, hingga disopiri langsung Mendag Saudi ke lokasi pertemuan bilateral.

Mendag RI Zulkifli Hasan bertemu Mendag Arab Saudi Majid bin Abdullah di Al Ula

Photo :
  • Dok. Istimewa
10 Wanita Muslim Tercantik di Dunia, Mereka Menarik dan Menginsipirasi

Menteri Perdagangan Arab Saudi, Majid bin Abdullah Al-Qasabi mengambil alih kemudi kendaraan Lexus LX570S warna abu-abu miliknya untuk mengantar Zulhas secara khusus. Bersama rombongan kementerian masing-masing negara, keduanya bertolak dari Madinah menuju Al Ula untuk melaksanakan pertemuan bilateral yang membahas masa depan kerjasama perdagangan kedua negara. 

"Ini tamu spesial, sebagai penghormatan dan rasa bahagia atas kedatangan saudara dan sahabat, saya akan menyetir sendiri ke Al Ula,"  Kata Majid Al-Qasabi, Minggu

Alasan Yordania dan Arab Saudi Justru Bantu Israel Lawan Serangan Udara Iran

Al Ula adalah kota bagian dari Provinsi Madinah, Arab Saudi, merupakan jalur perdagangan kuno yang menghubungkan negeri Arab hingga ke Syam, saat ini mencakup Syiria, Palestina, Yordania hingga Lebanon. 

Majid Al-Qasabi menyetir sendiri menuju wilayah perbukitan berbatu itu sambil berbincang akrab bersama Zulhas. Menurut Majid, pertemuan ini samgat bersejarah.

"Ini pertemuan bersejarah yang sangat penting untuk Arab Saudi dan Indonesia. Untuk pertama kalinya kami menjamu pejabat setingkat menteri di Al Ula. Ini sesuai dengan harapan Pangeran Muhammad Bin Salman untuk mengembangkan wilayah Al Ula menjadi daerah pariwisata," Ujarnya. 

Mendag RI Zulkifli Hasan bertemu Mendag Arab Saudi Majid bin Abdullah di Al Ula

Photo :
  • Dok. Istimewa

Zulhas sendiri merasa tersanjung mendapatkan penghormatan yang luar biasa dari Mendag Majid Al-Qasabi. "Alhamdulillah, kita sudah sampai di Al Ula. Ini tempat yang begitu indah. Subhanallah. Lantaran berteman dengan Menteri Perdagangan Arab Saudi, Dr. Majid, sahabat saya, sampai disopiri sendiri. Tadi bahkan terbang dari Jeddah ke Madinah menggunakan pesawat pribadi milik beliau," kata Zulhas.

Dia berharap hubungan baik keduanya memberikan dampak positif untuk kerjasama RI-Arab Saudi. "Semoga persaudaraan ini berdampak pada kerjasama Indonesia dengan Arab Saudi yang jauh lebih baik di kemudian hari," ujar Zulhas. 

Mendag RI Zulkifli Hasan bertemu Mendag Arab Saudi Majid bin Abdullah di Al Ula

Photo :
  • Dok. Istimewa

Setibanya di Al Ula, rombongan diajak Mendag Saudi untuk melihat-lihat Al Ula sebelum menuju lokasi pertemuan. Al Ula adalah nama sebuah kota di Arab Saudi yang terletak 300 km di sebelah utara Madinah, 4 jam dari Masjid Nabawi. 

Dulunya, Al Ula adalah ibu kota Lihyanites Kuno (Dedanites). Di kota ini terdapat Mada'in Saleh yaitu situs arkeologi yang dibangun lebih dari 2.000 tahun lalu oleh orang-orang Nabatean, dan diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya