Banjir di Aceh Capai 3,5 Meter, 19 Ribu Warga Mengungsi

Banjir rendam sejumlah desa di Aceh.
Sumber :
  • ANTARA/HO/Humas BPBD Aceh Besar

VIVA Nasional – Banjir yang melanda sejumlah daerah di Aceh semakin meluas. Tercatat, hingga kini, sudah ada 19.057 warga mengungsi. Adapun daerah yang terdampak banjir yaitu Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Aceh Utara dan Bireuen.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Informasi yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), banjir terparah terjadi di Kabupaten Bireuen. Di sana 13 kecamatan tergenang banjir yang membuat 7.106 warga mengungsi karena rumah mereka terendam banjir.

Sementara di Kabupaten Pidie mencakup 21 kecamatan terdampak banjir dengan 3.696 orang mengungsi. Kemudian di Aceh Utara khususnya di kawasan Langkahan, ketinggian air bahkan mencapai atap rumah warga atau sekitar 3,5 meter.

Rumah Digruduk Warga, Via Vallen Tetap Santai Update Sosmed Tentang Kehamilan

Ilustrasi banjir

Photo :
  • dok BNPB

Banjir tersebut disebabkan intensitas hujan yang tinggi melanda wilayah pesisir timur Aceh dan membuat beberapa sungai aliran di daerah itu meluap hingga menggenangi  pemukiman warga.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

“Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur sejumlah wilayah Aceh, sehingga menyebabkan banjir yang menggenangi rumah warga dengan ketinggian air bervariasi hingga 3,5 meter,” kata kepala BPBA, Ilyas, Senin, 23 Januari 2023.

Sementara di Kabupaten Pidie, banjir terjadi akibat debit air di sungai Krueng Tiro, Kruang Paloh, Krueng Lala, Krueng Rubee dan Rukoh meluap hingga ke pemukiman warga serta merendam lahan pertanian warga.

Hingga saat ini, pihak BPBD setempat masih melakukan pendataan terkait jumlah pengungsi yang diprediksi akan meningkat karena hujan di sejumlah wilayah masih turun dengan intensitas lebat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya