Jokowi Sebut Pembangunan Sodetan Kali Ciliwung Rampung April 2023

Presiden Jokowi saat hadir di Student Athletics Championships 2023
Presiden Jokowi saat hadir di Student Athletics Championships 2023
Sumber :
  • VIVA / Robbi Yanto

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek pembangunan sodetan Kali Ciliwung, Jakarta Timur. Peninjauan dilakukan di tiga titik. Yaitu proyek pembangunan sodetan yang ada di Jalan Otista (inlet Kali Ciliwung), Jalan Otista III (arriving shaft/titik pertemuan), dan KBT sisi belakang kampus Trisakti (outlet).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan bahwa penanganan Banjir di Jakarta harus dilakukan dari hulu sampai hilir. Jika dari hulu Pemerintah sudah membuat bendungan di beberapa wilayah, maka di hilir akan dibangun sodetan.

"Jadi kita kembali lagi ke Jakarta, ke banjir Jakarta. Kita tahu penanganan banjir Jakarta harus dari hulu sampe ke hilir, di hulunya sudah kemaren selesai dibangunan bendungan ciawi kemudian bendungan sukamahi, udah, di atas, di bawah udah sampe jakarta masih ada masalah, sekarang juga sebentar lagi akan selesai, mungkin April insya Allah sudah selesai sodetan ciliwung yang sudah berhenti 6 tahun," kata Jokowi, Selasa 24 Januari 2023.

Pengerjaan Sodetan Kali Ciliwung - KBT

Pengerjaan Sodetan Kali Ciliwung - KBT

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jokowi mengatakan, pembangunan sodetan ini sebenarnya sudah berjalan 6 tahun. Namun terjadi banyak kendala dalam proaes pengerjaannya seperti salah satunya kendala pembebasan lahan.

"Ini kemarin satu setengah bulan telah dibebaskan lahan di sini sehingga bisa dimulai lagi pengeborannya dan kita harapkan nanti di bulan April in sya Allah sudah selesai," kata Jokowi

Adanya sodetan ini, kata Jokowi, akan mengurangi banyak sekali lahan genangan, lahan banjir yang ada di Jakarta. Aliran air dari sungai Ciliwung  yang menjadi penyebab banjir di beberapa wilayah di Jakarta, sapat mengalir dapat jumlah besar dan mencegah terjadinya banjir.

Halaman Selanjutnya
img_title