Sodetan Ciliwung Sempat Mangkrak, Menteri PUPR: 6 Tahun Enggak Diapa-apain

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.
Sumber :

VIVA Nasional – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono, memberikan respon positif langkah Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang kembali melanjutkan pembangunan sodetan Kali Ciliwung untuk mengatasi banjir di Jakarta. Apa yang dilakukan Heru membuat banjir di Jakarta bisa semakin berkurang.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

"Sekarang alhamdulillah ada Pak Heru, ini (upaya mengatasi banjir di Jakarta) mulai dikerjakan lagi," kata Basuki usai mendampingi Jokowi meninjau proyek sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur di Jakarta Timur, Selasa.

Presiden Joko Widodo, Menteri PUPR, Pj Gubernur DKI di Proyek Sodetan Ciliwung

Photo :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Menurut Basuki, berbagai langkah yang dilakukan pemerintah saat ini untuk mengatasi banjir, seperti normalisasi kali, pembangunan sodetan, pembangunan waduk hingga pemasangan pompa-pompa, bertujuan untuk mengurangi banjir di Ibu Kota Jakarta. Meski tak sepenuhnya bebas banjir, namun bisa dipastikan bisa berkurang.

"Pasti banyak berkurang, bukan bebas banjir, tapi pasti banyak berkurang dari hulu, tengah, hilir," ujar Basuki.

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Sosok yang akrab disapa ‘Pak Bas’ itu mengatakan, apa bila dari dulu pengerjaan sodetan dilakukan, maka banjir di Jakarta sudah jauh berkurang. "Kalau itu konsisten dilakukan dari dulu, pasti sudah berkurang; yang masalahnya tadi kan enam tahun nggak di apa-apain, normalisasi nggak di apa-apain, sodetan nggak di apa-apain," ujar Basuki.

Sodetan Ciliwung di Jakarta

Photo :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Dengan kepemimpinan Heru di DKI Jakarta, Basuki mengaku upaya-upaya mengatasi banjir kembali dilakukan, sehingga dapat mengurangi potensi banjir.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya