Kampanye Pemilu 2024 Cuma 75 Hari, Fahri Hamzah: Harusnya Lebih Panjang

Waketum Partai Gelora, Fahri Hamzah
Waketum Partai Gelora, Fahri Hamzah
Sumber :
  • Partai Gelora

VIVA Nasional – Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah mengkritik masa kampanye Pemilu 2024 yang hanya 75 hari. Dia beranggapan dengan waktu hanya 75 hari tidak efektif untuk masyarakat mengetahui pembeda antara partai-partai peserta pemilu.

Untuk saat ini Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan 18 partai politik lolos menjadi peserta Pemilu Legislatif 2024. Jumlah ini bertambah setelah KPU akhirnya memutuskan bahwa Partai Ummat lolos verifikasi faktual, setelah sebelumnya sempat dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Fahri Hamzah dan Tim Peneliti Laboratorium Universitas Bakrie

Fahri Hamzah dan Tim Peneliti Laboratorium Universitas Bakrie

Photo :
  • VIVA: Surya Aditiya

“Harusnya itu dibikin lebih panjang, paling tidak menurut saya partai politiknya dulu diadu. Sekarang sudah ada 18 partai di kertas suara, tapi bedanya mereka apa? itu tidak pernah kita tahu dan tidak pernah ada waktu untuk itu, karena cuma dikasih 75 hari, itu pun kita cuma akan denger debat capres doang yang diselenggarakan empat kali, yang lain? udah, lewat aja,” ujar Fahri Hamzah dalam acara The Vote Talk Series di Universitas Bakrie, Jakarta Selatan, Selasa 24 Januari 2023

Fahri berpendapat bahwa terdapat tiga tahap ideal untuk menyeleksi partai dalam pemilu, yakni pertemukan seluruh partai peserta pemilu, kemudian beri mereka kesempatan untuk menyampaikan gagasan-gagasan sehingga masyarakat mengetahui apa yang menjadi pembeda antara partai-partai tersebut.

“Kedua, beri 18 partai tersebut pertanyaan, bagaimana cara mereka menghadapi terorisme, narkoba, korupsi hingga bagaimana menjawab tantangan dari generasi-generasi baru, itu semu harus bisa dijawab,” terang Fahri

Halaman Selanjutnya
img_title