Penjelasan Menteri PUPR Soal Sodetan Ciliwung 6 Tahun 'Enggak Diapa-apain'

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.
Sumber :

VIVA Nasional – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan mengenai pernyataannya soal sodeta Ciliwung yang 'Enggak diapa-apain' selama waktu 6 tahun. Menurutnya pembangunan itu memang bertahap dan pada waktu itu pembuatan outlet untuk sodetan itu telah selesai tahun 2015.

Kemudian memang tak dikerjakan lagi karena memang ada sejumlah kendala. Baru pada tahun 2021 proyek pembangunan itu dimulai lagi.

"Kan ada di tabel yang 600 meter di outlet itu dari 2014-2015 selesai. yang sekarang ini dari 2021 mulai kerjanya, akhir 2021, jadi setelah 2015 baru 2021 lagi baru mulai," kata Basuki di Istana Kepresidenan, Rabu.

Sodetan Ciliwung di Jakarta

Sodetan Ciliwung di Jakarta

Photo :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Memang dalam pembangunan sodetan ciliwung tersebut, Pemerintah menemui sejumlah kendala. Salah satunya yaitu pembebasan lahan yang belum menemui kata sepakat dengan warga setempat.

"Iya (kendala pembebasan lahan), termasuk outlet sana 2015-2017 baru dipasang sheet pile-nya tapi tanahnya belum dinormalisais," ujar Basuki

Ketika disinggung mengenai pendekatan apa yang dilakukan sehingga kendala pembebasan lahan selesai, Basuki mengaku tak mengetahuinya. Kementerian PUPR, hanya menunggu dari Pemda untuk mengatasi kendala tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title