Kata BPPTKG Mengenai Cahaya Misterius yang Melintas di Langit Merapi

Video Cahaya Misterius di Langit Merapi
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA Nasional – Baru-baru ini tersebar video yang memperlihatkan adanya cahaya yang tepat berada di Gunung Merapi. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menghadapi soal cahaya misterius yang melintas langit Gunung Merapi. Berikut Pernyataan BPPTKG yang dituliskan pada akun Instagram resminya @bpptkg, Kamis, 26 Januari 2023.

Viral Lucinta Luna Pakai Sound Alibi, Dipuji Netizen Hingga Dapat Ucapan Spesial dari Sevdaliza

Video Cahaya Misterius di Langit Merapi

Photo :
  • Tangkapan Layar

“Sebuah video beredar di media sosial menampilkan cahaya/benda langit yang bergerak di sekitar Gunung Merapi. Sehubungan dengan beredarnya video tersebut, dapat kami sampaikan bahwa kamera CCTV Badan Geologi yang berada di Pos Jrakah (sisi barat) Gunung Merapi sempat merekam fenomena ini pada tanggal 24 Januari 2023 pukul 01.30 WIB. Berdasarkan data kegempaan, tidak terekam adanya sinyal yang signifikan pada jam tersebut.” Tulis BPPTKG dalam unggahanya.

Kampung Bahari Digrebek, Drone Hingga CCTV Untuk Pantau Polisi Disita

Dalam postingannya, BPPTKG juga mengunggah potongan video rekaman CCTV yang mengungkap momen cahaya putih di balik langit Merapi.

Akun Medsos Diduga Penyebar Video Syur Anak Eks Vokalis Ternama Tanah Air Dipolisikan

BPPTKG menjelaskan berdasarkan data kegempaan, tidak terekam adanya sinyal yang signifikan pada jam tersebut. BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi bertugas melakukan mitigasi Gunung Merapi, namun tidak memiliki kapabilitas untuk mengamati benda langit.

“BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi bertugas melakukan mitigasi Gunung Merapi, namun kami tidak memiliki kapabilitas untuk mengamati benda langit sehingga kami tidak bisa memastikan benda apa yang terlihat dalam video tersebut.” jelasnya.

Sementara itu dalan narasi terakhirnya BPPTKG menjelaskan aktivitas vulkanik Gunung Merapi saat ini cukup tinggi yaitu berupa erupsi efusif yang ditandai dengan aktivitasnya.

“Aktivitas vulkanik Gunung Merapi saat ini cukup tinggi yaitu berupa erupsi efusif yang ditandai dengan aktivitas pertumbuhan kubah lava, pembentukan guguran, dan awanpanas guguran. Tingkat aktivitas masih “SIAGA”. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, tidak panik, dan selalu mengikuti informasi dari sumber yang terpercaya.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya