Aktivis Internasional Bicara Kinerja Erick Thohir di Kementerian BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Dok. Kementerian BUMN

VIVA Nasional – Aktivis internasional, Presiden Junior Chamber International (JCI) Kenneth Yu memberikan pujian atas visi kepemimpinan yang dimiliki oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut dinilai memiliki semangat kolaboratif untuk bisa maju bersama ke depannya.

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

“Saya sangat mengapresiasi visi beliau (Erick Thohir). Beliau ingin membangun bersama dengan semua pihak untuk membuat pengaruh positif bersama,” terang Kenneth selepas acara pertemuan Kementerian BUMN bersama JCI Hong Kong dan Malaysia.

Seperti diketahui, sejak diamanahkan oleh Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri BUMN, Erick Thohir sangat gencar melakukan kolaborasi bersama berbagai pihak untuk kemajuan dan perkembangan masyarakat serta negara Indonesia. Ia menggandeng seluruh stakeholder terkait untuk menggerakkan ekonomi Indonesia.

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

Seperti halnya kerja sama dengan perusahaan swasta untuk mengembankan industri baterai listrik di Indonesia. Kerja sama dengan organisasi Islam terbesar di dunia dan di Indonesia yakni Nahdlatul Ulama (NU) untuk menggerakkan ekonomi masyarakat dengan mendirikan 250 BUMNU.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Bahkan kolaborasi ini menyentuh hingga akar rumput dengan menyalurkan bantuan pendanaan usaha. Seperti halnya bantuan pendanaan untuk sektor UMKM yang terus digalakkan hingga menyentuh angka Rp 50 triliun di tahun 2023.

Angka pendanaan tersebut meningkat Rp 25,6 triliun dari tahun 2022. Di mana di tahun 2022 angka pendanaan untuk UMKM dari himbara menyentuh angka Rp 24,4 triliun. Di samping itu, berbagai kolaborasi ini kemudian berhasil meningkatkan laba Kementerian BUMN hingga Rp 155 triliun di triwulan III 2022.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Andri Mardiansyah/VIVA.

Angka ini juga meningkat dari tahun 2020. Di tahun 2020 laba Kementerian BUMN tercatat hanya Rp 13 triliun kemudian meningkat menjadi Rp 124,7 triliun di 2021 dan pada akhir 2022 diperoyeksikan mencapai Rp 200 triliun.

Maka dari itu, Kenneth menyatakan hasil kerja Erick Thohir di Kementerian BUMN menumbuhkan optimisme para investor asing untuk berinvestasi termasuk dari Hong Kong.

“Ini merupakan kesempatan yang baik untuk mempelajari kebijakannya, latar belakang apa yang terjadi di Indonesia,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya