Doakan Ganjar Jadi Presiden 2024, Ini yang Dilakukan Kiai Muda Jawa Timur

Relawan Ganjar gelar khitanan massal di Bojonegoro
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Relawan Kiai Muda Jawa Timur melaksanakan khitanan massal bertema Khitan Itu Sehat 2023 di Pondok Pesantren (Ponpes) Nabaul Qur'an Al Marzuqi. Sunatan massal yang diselenggarakan ini merupakan kegiatan lanjutan relawan Kiai Muda Jatim untuk menebar kebaikan kepada warga.

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Koordinator Wilayah (Korwil) Kiai Muda Jatim Ali Baidlowi menyatakan pihaknya melihat anak-anak di Desa Bareng, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro, antusias mengikuti khitanan massal ini. "Alhamdulillah, anak-anak di sekitar Ponpes Nabaul Qur'an antusias mengikuti khitanan massal yang digelar Kiai Muda Jatim pendukung Ganjar," kata Ali, dalam keterangan yang diterima hari Senin, 30 Januari 2023.

Ilustrasi santri

Photo :
  • VIVA / Dani (Bekasi)
Izin Menginap di Kantor Polisi, Pria Tuban Ini Ternyata Baru Membunuh Istrinya

Pria yang akrab disapa Gus Ali tersebut mengatakan kegiatan khitanan massal ini terlaksana setelah relawan Kiai Muda pendukung Ganjar bersilaturahmi ke Ponpes Nabaul Qur'an. Ternyata, warga di sekitar Ponpes Nabaul Qur'an menginginkan adanya khitanan massal 

"Kami kerap bersilaturahmi ke beberapa  ponpes dan majelis taklim untuk melihat kebutuhan mereka. Lalu, di sini, kami mengadakan sunatan massal yang dibutuhkan warga," ucapnya.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Selain khitanan massal, Kiai Muda Jatim menggelar doa dan zikir bersama warga setempat. Hal tersebut dilakukan sekaligus mendukung Ganjar Pranowo Presiden 2024. "Dalam kesempatan ini, kami juga mendoakan Pak Ganjar Pranowo agar bisa memimpin bangsa ini ke depan," ujarnya.

Kemudian, Gus Ali mengungkapkan relawan Kiai Muda berencana terus menebar manfaat dan kebaikan di Jawa Timur dengan mengadakan seminar serta pelatihan hingga membina UMKM. "Selanjutnya, kami akan mengadakan pengobatan herbal, seminar dan pelatihan mengenai ketahanan pangan daerah, serta pembinaan UMKM di beberapa kabupaten dan kota di Jawa Timur," katanya.

Pengasuh Pondok Pesantren Nabaul Qur'an KH Ahmad Hasyim Wahid mengungkapkan kegiatan yang diselenggarakan Kiai Muda Jatim ini sangat bermanfaat bagi warga sekitar ponpes. "Khitanan massal tersebut dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," katanya 

Santri musiman mengaji kitab kuning. Foto ilustrasi.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Dia melanjutkan kegiatan ini sekaligus mendoakan Ganjar Pranowo agar ke depan bisa memimpin bangsa ini. "Kami juga menggelar Isra Mi'raj sekaligus mendoakan Ganjar Pranowo menjadi pemimpin Indonesia ke depan," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya