Potensi Hujan di Jakarta Dini Hari, Berikut Prakiraan Cuaca oleh BMKG di Tanah Air

Petugas BMKG tengah menganalisis prakiraan cuaca/Ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

VIVA Nasional – Penghujung bulan Januari 2023 ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, masih memperingatkan akan potensi hujan deras disertai petir. Juga potensi terjadinya angin kencang, walau dalam durasi yang pendek.

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

Prakiraan cuaca yang dirilis BMKG di laman resminya, menunjukkan potensi hujan masih besar terjadi di beberapa wilayah di Tanah Air

Di Jakarta sendiri, potensi hujan diperkirakan baru akan turun pada dini hari. Itupun di wilayah utara Jakarta.

Langit Dubai Tiba-tiba Berubah Jadi Hijau Usai Banjir Besar

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu pada dini hari," tulis BMKG dikutip VIVA, Selasa 31 Januari 2023.

Hampir di sebagian besar wilayah di Pulau Jawa, dalam prakiraan BMKG akan turun hujan. Dengan intensitas yang berbeda-beda, dan waktu yang berbeda juga.

4 Kelakuan Kocak Masyarakat Dubai Saat Banjir Ada yang Main Jetski sampai Berjemur

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang bagian selatan, Kabupaten Tangerang bagian selatan, Kota tangerang Selatan,".

Di wilayah Sumatera, dari Aceh hingga ke Lampung, menurut perkiraan BMKG juga potensi hujan akan ada di beberapa wilayah tersebut.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada pagi, siang dan dini hari di wilayah Kabupaten Belitung," tulis di laman BMKG.

Begitupun di sebagian besar provinsi yang ada di Kalimantan, baik itu Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantang Tengah, hingga Kalimantan Utara. BMKG mengeluarkan peringatan, untuk mewaspadai potensi-potensi seperti yang sebutkan, baik itu hujan petir hingga angin kencang.

"Waspada potensi hujan yang diserati petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat. Wilayah yang berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yaitu di sebagian wilayah Kabupaten/Kota: Kapuas Hulu, Landak, Sanggau, Kubu Raya, Melawi, Sintang, Bengkayang, Sambas, dan Sekadau,".

Di wilayah timur Indonesia, terutama di kawasan Maluku, BMKG juga memprediksi di beberapa tempat akan diwarnai dengan hujan.

"Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kecang sesaat di Kabupaten: Maluku Tengah, Seram bagian timur, Kepulauan Aru, dan Kepulauan Tanimbar,".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya