Kombes Indarto Ungkap Masalah Warga di 'Jumat Curhat', Keluhkan Knalpot Brong hingga Tetangga

Wakaposko Presisi Polri Kombes Pol Indarto
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo disebut meminta jajarannya di daerah untuk mengadakan kegiatan ‘Jumat Curhat’. Hal ini dilakukan guna menampung langsung aspirasi masyarakat di wilayah masing-masing.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

Wakil Kepala Posko (Wakaposko) Presisi Polri Kombes Pol Indarto mengatakan, konsep soal ‘Jumat Curhat’ awalnya diadakan di salah satu Polres, namun kemudian diadopsi oleh Kapolri untuk diimplementasikan di berbagai wilayah.

"Jadi awalnya jumat curhat dilaksanakan oleh salah satu Polres, lalu kita adopsi, kita perintahkan semua Kapolda Kapolres untuk melaksanakan jumat curhat," kata Indarto dalam Diskusi Publik bertema "Restrukturisasi dan Reposisi Polri Menghadapi Tahun Politik dan Era 4.0" di Hotel Diradja, Jakarta, Selasa, 31 Januari 2023.

Kapolri Sebut Kedewasaan Politik di 2024 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019

Menurut Indarto, kegiatan "Jumat Curhat" memiliki nama yang berbeda-beda di tingkat daerah. Kegiatan ini, kata Indarto, juga menjadi atensi dan mendapatkan banyak apresiasi, termasuk dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kegiatan itu pun kemudian dilanjutkan di tahun 2023.

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

"Intinya kita memaksa kasatwil kapolda kapolres untuk menyiapkan waktu bertenu langsung masyarakat secara informal dan menampung semua keluhan masukan dan ktitik untuk perbaikan kita," ujarnya.

Ia kemudian menjelaskan, banyak warga memberikan masukan dan saran melalui kegiatan tersebut. Bahkan, kata Indarto, lebih banyak aspirasi warga yang diterima dalam kegiatan "Jumat Curhat" daripada yang masuk ke WhatsApp milik Polres dan Polda.

"Bahkan sampai minggu lalu sudah ada 29.414 jumat curhat yang sudah kita kategorisasikan, mulai yang remeh-remeh misalnya ada motor "breng-breng" sampai mengeluh kegiatan tetangga tiap malem. Ini ditindaklanjuti dengan cepat, ternyata efeknya bagus," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya