Sandiaga Ubah Tempat Pembuangan Sampah Jadi Taman Wisata Kreatif

Menparekraf Sandiaga Uno
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkolaborasi dengan Laskar Krukut Luhur (Laskaru) dalam rangka mendukung industri kreatif berbasis lingkungan hidup di TMB Alang Alang, Jagakarsa, Jakarta Selatan. 

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

Kampung kreatif yang dulunya menjadi tempat pembuangan sampah sementara, kini berubah menjadi taman wisata masyarakat berbasis lingkungan hidup. Berkat program yang dijalankan Sandiaga pada tahun 2018 hingga saat ini, mampu menciptakan kampung yang memiliki kreativitas tinggi. 

"Saya sangat apresiasi karena aktivitas berbasis masyarakat yang ingin melestarikan lingkungannya, dimana kita melihat konservasi kali Krukut ini yang biasanya identik dengan banjir, tapi sekarang ada kegiatan masyarakatnya," kata Sandiaga, dikutip Selasa, 31 Januari 2023.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Selain itu, adanya kehadiran Hanung Bramantyo dalam talkshow tersebut memberikan ide luar biasa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Hanung Bramantyo berfikir tidak menutup kemungkinan untuk membuat film "Si Pitung" dilokasi tersebut karena keelokan alamnya yang cocok. 

Keren! Bali Jadi Destinasi Pilihan Sadhguru untuk Healing dan Terapi Penyembuhan

"Kedepannya salah satu ide yang luar biasa dari Babeh Idin, dari Mas Hanung mungkin bisa buat film ya, film "Si Pitung" di deket sini, cocok dengan alamnya. Ini juga bisa jadi daya tarik wisata lingkungan hidup tapi juga membuka peluang usaha dan meningkatkan ekonomi masyarakat," ungkap Sandiaga. 

Hal serupa diungkapkan oleh Panglima Laskaru, Rezza Shidqi, ia mengungkapkan kehadiran pemerintah akan sangat membantu masyarakat dalam mengelola wisata. Jika film "Si Pitung" dapat diwujudkan, maka daya tarik masyarakat akan semakin kuat untuk mendatangi wisata Kampung Kreatif. 

"Kehadiran pemerintah sangat kami perlukan, tanpa pemerintah kami tidak bisa berbuat banyak dan mas Hanung itu sudah sukses dibidangnya, kami percayakan kepada beliau. Semoga filmnya bisa terwujud dan setelah set itu selesai diproduksi maka bisa jadi tempat wisata baru," kata Rezza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya