Pertahankan Budaya di Penajam Paser Utara, GMC Kaltim Gelar Malam Rindu Budaya

GMC Kalimantan Timur Gelar Lomba Tari
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Relawan Gubernur Jawa Tengah yang menamakan diri Ganjar Milenial Center (GMC) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar kegiatan lomba tari dengan tema Malam Rindu Budaya di IKN Nusantara, Penajam Paser Utara. Koordinator Wilayah Ganjar Milenial Center Kaltim Sadly Jaya M mengatakan perlombaan itu digelar di Gedung Serba Guna Sipakario, Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam.

Kembangkan Sepakbola, Ponpes Darul Amanah Ikuti Turnamen Usia Dini Bali 7s

"Peserta berasal dari berbagai kalangan, ada dari sanggar, komunitas, dan sekolah," ujar Sadly dalam siaran persnya, Selasa 31 Januari 2023

Penampilan Tari Tradisional Kinang Kilaras di Ballroom Tanri Abeng University.

Photo :
  • Tanri Abeng University
Liga 1 Kembali ke Format Kompetisi Penuh, Ini Tanggapan Arema FC

Menurut dia, lomba tari sengaja digelar dalam rangka memberikan dan menumbuhkan semangat kompetisi berbudaya kembali kepada seniman tari di daerah tersebut.

"Kegiatan ini dilaksanakan dengan rangkulan seniman-seniman yang tergabung dalam sanggar seni yang di antaranya : Sanggar Seni Paud Cemerlang, Putri Lemiyang, Rumah Adat Sepan, SMPN 10, Benuo Taka, dan MA Sepaku," beber dia.

Pesan Reza Rahadian untuk Pemerintahan Baru: Punya Kementerian Kebudayaan Sendiri

Selain dengan tujuan menumbuhkan dan memberikan semangat kompetisi berbudaya, kegiatan ini juga merupakan upaya GMC dalam mempertahankan dan menjaga kebudayaan yang ada di PPU. Para peserta yang berjumlah ratusan itu berlomba untuk memperebutkan hadiah jutaan rupiah yang disiapkan GMC Kaltim.

Rafika pengurus DPD GMC Kabupaten Penajam Paser Utara mengatakan kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang kompetisi, tetapi juga untuk penguatan rasa cinta terhadap budaya yang ada di Indonesia. Apalagi, kata Rafika, masyarakat sebagian takut kebudayaan yang ada di PPU tergerus dengan adanya kebudayaan baru yang masuk bersama dengan perpindahan IKN Nusantara.

"Oleh karena itu, kami DPD GMC PPU menggelar kegiatan ini untuk membangun kepercayaan dan menjadi sukarelawan yang sigap membantu mempertahankan kebudayaan," ujar dia.

Desain Sekretariat Presiden di IKN Nusantara.

Photo :
  • Dokumentasi Waskita Karya.

Ibrahim selaku pengurus wilayah GMC menyampaikan lomba tari itu merupakan upaya untuk menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo yang peduli akan kelestarian kebudayaan.

"Dan melalui kegiatan ini harapannya para milenial dan seluruh masyarakat dapat lebih mengenal sosok Ayah Ganjar yang kami dukung menjadi Presiden di 2024," ujar Ibrahim.

Kegiatan lomba tari budaya itu dimenangkan oleh Sanggar Benuo Taka, SMPN 10 PPU, dan Paud Cemerlang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya