Awal Februari, Berikut Prakiraan Cuaca BMKG di Sejumlah Wilayah Indonesia

Ilustrasi petugas BMKG
Sumber :
  • M Nadlir

VIVA Nasional – Memasuki bulan Februari 2023, prakiraan cuaca di Tanah Air oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, masih terlihat potensi angin kencang.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Beberapa wilayah di Tanah Air pada 1 Februari 2023, masih punya potensi terjadinya angin kencang walau berdurasi singkat.

"Waspada potensi hujan disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat di sebagian besar wilayah Bali," tulis peringatan dini BMKG, dikutip VIVA dalam laman resminya, Rabu 1 Februari 2023.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

BMKG juga menyampaikan peringatan dini untuk wilayah Bengkulu. Dimana, ada potensi terjadinya angin kencang.

"Waspada angin kencang diseluruh wilayah Bengkulu," tulis BMKG.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Sedangkan wilayah lain seperti Aceh, Bangka Belitung maupun Jambi, BMKG tetap memberi peringatan untuk mewaspadai terjadinya hujan hingga dengan intensitas yang lebat.

Di Jawa, BMKG juga mengingatkan potensi hujan hingga angin kencang. Baik itu di wilayah Banten, hingga Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hari,".

Di wilayah Kalimantan, juga diperkirakan akan mengalami hujan hingga potensi angin kencang pada beberapa wilayah. Baik itu di barat, selatan hingga timur dan utara.

"Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah. Waspada dan berhati hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan seperti genangan air, banjir, tanah longsor, angin kencang, kilat/petir dan pohon tumbang,".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya