Isu Reshuffle Kabinet Jokowi, Begini Fakta Unik Rabu Pon Menurut Primbon Jawa

Presiden Jokowi pimpin Rapat Kabinet di Istana Merdeka, Jakarta
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan rincian terkait agendanya pada Rabu, 1 Februari 2023 hari ini. Saat dikonfirmasi oleh wartawan mengenai agenda Rabu Pon, yang diisukan akan adanya reshuffle kabinet, Presiden RI menyuruh semua pihak untuk menunggu. 

Istana Tegaskan Jokowi Tidak Ada Agenda Kunjungan Kerja ke Surabaya

“Ya ditunggu aja besok,” kata Jokowi kepada awak media di acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas), yang merupakan acara puncak peringatan HUT PSI ke-8, di Gedung Jakarta Theather, Selasa malam 31 Januari 2023

Dia juga mengatakan bahwa pemanggilan para menteri pada, Selasa 31 Januari 2023 kemarin, tidak ada kaitannya dengan isu reshuffle. 

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

Presiden Jokowi di acara peringatan HUT ke-8 PSI

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube PSI

“Oh tidak. Tidak ada. Ya biasa, ada masalah-masalah yang harus kita selesaikan,” ujarnya.

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

Jokowi mengatakan, reshuffle kabinet ini mempertimbangkan perfoma menteri dan pertimbangan politik. Jokowi mengaku memahami ada kinerja menterinya yang perlu dievaluasi. Menurutnya, koreksi terhadap bawahan tersebut adalah hal yang biasa.

Fakta unik Rabu Pon

Ilustrasi kalender.

Photo :
  • Pixabay

Rabu Pon adalah hari pasaran dalam penanggalan Jawa. Jokowi bebeberapa kali membuat kebijakan strategis, termasuk reshuffle kabinet pada hari tersebut.

Pada tahun kemarin, Jokowi juga melakukan reshuffle pada Rabu, 15 Juni 2022. Tak hanya itu, Jokowi sering menggunakan hari Rabu untuk melakukan perombakan kabinetnya. Namun hanya sekali selama masa jabatannya, Jokowi melakukan reshuffle bukan pada hari Rabu, yaitu pada 22 Desember 2020.

Perombakan ini dikaitkan dengan pemilihan hari yang selalu dilaksanakan setiap Rabu Pon dan Rabu Pahing. Diketahui bahwa Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961. Menurut primbon Jawa berarti mempunyai weton Rabu Pon (lahir pada Rabu Pon).

Menurut Primbon Jawa Kuno, Rabu Pon sangat cocok untuk bekerja pada beberapa bidang yang dilakukan sendiri, seperti wirausaha dan pedagang. Weton Rabu Pon memiliki karakter pekerja keras. Secara finansial, Rabu Pon  termasuk orang yang hemat. 

Primbon Jawa menyebut Rabu Pon sebagai Satriya Wibawa. Artinya, orangnya selalu mendapatkan keberuntungan. Dengan pembagi 9, Rabu Pon juga termasuk kategori Nohan Rembulan. Ia akan selalu dinaungi keberuntungan. 

Oleh karena itu ia selalu memiliki perencanaan yang baik dan terukur. Weton Rabu Pon juga pandai menangkap peluang dan tidak mudah putus asa. Ia juga memiliki keterampilan sosial yang memadai sehingga mudah bergaul dengan orang lain. Selain disukai banyak orang, ia juga memiliki musuh.

Primbon Jawa merupakan salah satu metode yang digunakan oleh orang jawa untuk menghitung terhadap segala persoalan kehidupan manusia. Mulai dari watak, arti mimpi, arti nama, pekerjaan hingga urusan percintaan. 

Primbon Jawa menjadi salah satu warisan budaya leluhur, adat kebiasaan turun-temurun yang senantiasa dilestarikan oleh masyarakat khususnya di jawa. 

Terlepas dari arti primbon jawa yang dikaitkan dengan reshuffle kabinet Jokowi, semoga keputusan dari perombakan ini akan membuahkan hasil yang memuaskan. Sehingga pemerintahan Jokowi berhasil mewujudkan keinginan masyarakat Indonesia dan Indonesia semakin maju.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya