RSUD Bandung Kiwari Kebakaran, Pasien Dievakuasi ke RS Terdekat

Wali Kota Bandung Yana Mulyana di lokasi kebakaran RSUD Bandung Kiwari.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

VIVA Nasional – Wali Kota Bandung Yana Mulyana memastikan kondisi di RSUD Bandung Kiwari berangsur normal setelah sempat terjadi kebakaran, Rabu, 1 Februari 2023, pukul 07.07 WIB.

Kronologi Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal Dunia saat Jalani Seleksi Paskibra

Yana memastikan, seluruh pasien sudah dievakuasi dan kondisi api di titik kebakaran pun sudah padam. Selain itu, Yana juga memastikan tidak ada korban jiwa akibat musibah ini.

“Alhamdulillah sudah tertangani. Seluruh pasien sudah dievakuasi, dan tidak ada korban jiwa. Titik api pun sudah dipadamkan. Namun proses pendinginan masih berlangsung,” ujar Yana, Rabu, 1 Februari 2023.

RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi

Yana menambahkan, saat ini rumah sakit terdekat dari RSUD Bandung Kiwari siap menjadi tempat rujukan bagi pasien terdampak kebakaran. “Sudah dihubungi dan rumah sakit sekitar juga siap,” katanya.

RSUD Bandung Kiwari, Jawa Barat.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)
Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Direktur RSUD Bandung Kiwari, Yorisa Sativa memastikan layanan di RSUD Bandung Kiwari masih tetap berjalan. Meski begitu, ia menyampaikan ada sejumlah pasien yang dievakuasi ke rumah sakit terdekat imbas dari kebakaran di ruangan Intensive Care Unit (ICU) yang berlokasi di lantai empat gedung tersebut.

Adapun pasien yang dirujuk itu rata-rata yang membutuhkan bantuan pernafasan. "Untuk jumlah detail pasien, kami masih mendata. Tetapi pasien di lantai empat sudah tertangani di IGD. Pasien ada juga yang memerlukan bantuan pernafasan, karena awalnya sedang dirawat," kata Yorisa.

Pihaknya mendata sudah ada sekitar 20 bayi yang baru lahir yang dirujuk ke rumah sakit sekitar untuk mendapatkan perawatan.

Sebelumnya, sejumlah pasien di Gedung RSUD Bandung Kiwari harus dievakuasi ke luar ruangan karena kebakaran. Setelah api padam, Yorisa memastikan pasien bisa kembali masuk ke area gedung. "Tapi lantai empat dikosongkan sementara, sekarang ada beberapa pasien di IGD bisa kembali atau dirujuk," katanya.

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran saat berjuang memadamkan api. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA / Ridho Permana

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Gungun Sumaryana mengatakan, kebakaran yang terjadi di RSUD Bandung Kiwari dilaporkan pada pukul 07.07 WIB.

Pada pukul 07.10 WIB, tim Diskar PB sudah tiba di tempat dan melakukan pemadaman api. “Pasien sudah dievakuasi. Saat ini juga kami sudah lakukan pendinginan untuk memastikan titik apinya padam,” ujar Gungun. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya