Lukas Enembe Ogah Tidur Pakai Kasur Tipis di Rutan, KPK: Sudah Sesuai Aturan

Gubernur Papua Lukas Enembe di RSPAD Gatot Soebroto
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA Nasional – Lukas Enembe mengeluh bahwa dirinya harus tidur menggunakan kasur yang tipis di dalam rumah tahanan (Rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, KPK menyebut bahwa fasilitas yang di dapat Enembe selama di rutan sudah sesuai dengan aturan.

Ini 5 Keunggulan Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya, Berminat?

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan bahwa pemberian kasur tipis untuk Enembe itu telah mengacu pada Permenkumham Nomor 6 tahun 2013 tentang Tata Tertiba Lembaga Permasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara. Tidak hanya untuk Enembe, seluruh tahanan atau narapidana kasus korupsi juga mendapat fasilitas yang sama.

"Dalam Pasal 4 huruf (i) juga disebutkan bahwa setiap narapidana atau tahanan dilarang melengkapi kamar hunian dengan alat pendingin, kipas angin, televisi, dan/atau alat elektronik lainnya," ujar Ali kepada wartawan, Rabu 1 Febuari 2023.

Daftar Jadi Calon Pimpinan KPK, Eks Ketua Komisi III DPR Ungkap Alasannya

Gubernur Papua Lukas Enembe mengenakan baju tahanan KPK di RSPAD Gatot Subroto.

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari.

Ali menegaskan bahwa para tahanan juga berhak mendapatkan sejumlah fasilitas, terutama untuk konsumsi. Konsumsi para tahanan juga diberikan bervariasi sesuai aturan Ditjenpas Kemenkumham. 

KPK Tetapkan 4 Orang Tersangka di Kasus Korupsi Pemkot Semarang, Siapa Saja Ya?

Para tahanan pun masih diberikan kesempatan untuk menerima kunjungan dari keluarga. Kunjungan itu diatur pada hari Senin dan Kamis pada pukul 10.00 WIB-12.00 WIB dan 14.00 WIB-16.00 WIB. 

"Hal ini sebagai komitmen KPK untuk memastikan bahwa pengelolaan rutan telah sesuai ketentuan yang berlaku serta menjunjung tinggi hak asasi manusia," jelas Ali. 

"Justru tindak pidana korupsi yang telah dilakukan oleh para pelaku tersebut yang sejatinya tidak manusiawi, melanggar hak-hak rakyat, dan menghambat pembangunan nasional," sambung dia.

Selanjutnya, kata Ali, Lukas Enembe saat ini dalam keadaan sehat. Namun, pihak dokter KPK masih terus memantau kesehatan Enembe.

"Kondisi kesehatan LE hari ini berdasarkan informasi yang kami terima dari hasil pemeriksaan kesehatan dokter KPK, yang bersangkutan tidak ada keluhan soal kesehatannya," ucap Ali.

Diketahui, melalui tim penasehat hukum Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening mengatakan bahwa kliennya saat ini selama tidur di Rutan KPK hanya beralaskan kasur tipis. Lantas, Dia memprotes kondisi tersebut. "Di penjara juga Pak Lukas juga tidur di batu dengan beralaskan kasur yang tipis dan itu yang disampaikannya ke tim hukum," ujar Roy Rening dalam keterangannya.

Gubernur nonaktif Papua, Lukas Enembe dibawa ke Gedung Merah Putih KPK.

Photo :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

Roy pun meminta kepada KPK memberikan pelayanan yang baik kepada Lukas Enembe yang sedang sakit. Dia meminta kondisi kliennya disamakan dengan tahanan lain yang memiliki badan sehat. 

"Ini juga yang kami minta ke KPK agar Lukas Enembe mendapat pelayanan yang baik terhadap kondisi tempat tidur beliau," kata Roy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya