Gempa Garut Dilaporkan Bikin Rumah Rusak di Kecamatan Pasirwangi

Sebuah rumah rusak akibat gempa di Garut.
Sumber :
  • VIVA/Diki Hidayat (Garut)

VIVA Nasional – Gempa bumi dirasakan oleh warga Kabupaten Garut, Jawa Barat dan sekitarnya pada pukul 22.57 WIB, Rabu, 1 Februari 2023. Gempa dengan kekuatan magnitudo 4,3 itu dilaporkan telah membuat sebuah rumah warga rusak.

Waskita Karya Rampungkan Proyek Hotel dan Apartemen Rp 151 Miliar Milik PT Bukit Asam

Guncangan gempa ini terasa cukup lama sehingga sebagian warga keluar rumah untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

"Barusan gempanya cukup lama, hampir satu menit, sehingga kami sekeluarga cepat-cepat keluar rumah," ujar Ny. Pepi, warga Kampung Cisitu, Desa Sirnagalih, Kecamatan Bayongbong, Garut, Rabu 1 Februari 2023.

Ayah dan Anak Balita Tewas saat Mancing, Bermula Ketika Anak Tercebur ke Sungai

Berdasarkan informasi yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), titik gempa ada di 7.27 Lintang Selatan, 107.73 Bujur Timur atau 19 kilometer barat daya Garut. Gempa ini memiliki kedalaman 3 kilometer.

Rumah Supermodel Cara Delevingne Terbakar Habis di California

Merespons itu, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Garut, Satria Budi mengatakan, hingga saat ini, pihaknya belum mendapat laporan kerusakan bangunan akibat gempa. Pihaknya terus melakukan penelusuran mencari laporan perkembangan dampak gempa bumi terutama di wilayah Kecamatan Pasirwangi Garut.

"Sementara belum ada laporan, namun kalau melihat peta, daerah Garut terdekat dengan pusat gempa adalah Kecamatan Pasirwangi," ungkapnya singkat.

Kapolsek Pasirwangi Terjunkan Personel

Sementara itu Kapolsek Pasirwangi, AKP Abusono mengatakan bahwa pihaknya juga merasakan gempa cukup lama. Anggota Kepolisian dan kepala desa saat ini tengah mencari informasi kerusakan dampak gempa bumi.

Belakangan diketahui, satu buah rumah di Kampung Kebon Kolot, Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi mengalami kerusakan ringan dengan bagian depan rumah ambruk. Tak ada korban jiwa akibat ambruknya bangunan tersebut.

"Laporan terbaru ada satu rumah yang rusak ringan, anggota kami sudah ada di sana," kata Abusono singkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya