Satgas: Ada Bukti Erizman dan Edmond Terlibat

Mabes Polri Gelar Konferensi Pers Tanggapi Susno Duadji : Raja E Rizman
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Brigadir Jenderal Raja Erizman dicopot dari jabatannya sebagai Direktur II Ekonomi Khusus Polri. Sedangkan Brigadir Jenderal Edmond Ilyas sudah tak lagi menjabat Kapolda Lampung. Keduanya diduga terkait kasus pajak Gayus Tambunan.

Satuan Tugas (Satgas) Pemberantasan Mafia Hukum mengaku memiliki bukti-bukti dugaan keterlibatan dua jenderal bintang satu ini.
"Setelah membaca dan menganalisis, bukti-bukti keterlibatan Raja Erizman dan Edmond Ilyas itu cukup kuat," kata Sekretaris Denny Indrayana di Gedung DPR, Jakarta, Jumat 11 Juni 2010.

Kendati demikian, Satgas tidak bisa menetapkan keduanya sebagai tersangka. Karena itu bukan kewenangan Satgas. "Penyidik yang bisa melakukan itu," katanya.

Menurut dia, keterlibatan itu karena kewenangan yang banyak. "Raja Erizman juga dia yang mencabut (pemblokiran uang milik Gayus Tambunan senilai Rp 28 miliar)," ujarnya.

Pencopotan Raja Erizman itu tertuang dalam surat telegram rahasia bernomor str/443/VI/2010 ref.kep Polri nomor: kep/355/VI/10 tanggal 8 Juni 2010 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Dalam surat itu disebutkan, posisi Raja Erizman dimutasikan menjadi perwira tinggi pada Staf Ahli Kapolri. Pengganti Raja Erizman adalah Komisaris Besar Polisi Arief Sulistyanto. Arief sebelumnya menjabat Koorspripim Polri.

Raja sendiri membantah uang dari Gayus dibagi-bagikan kepada anggota polisi seperti yang ditudingkan mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal, Komisaris Jenderal Susno Duadji.

"Yang jelas saya membantah apa yang dikatakan Pak Susno. Kalau mau bicara sesuai aturannya," kata Raja Erizman, Kamis 18 Maret lalu.
Saat awal kasus ini mengemuka, Edmond Ilyas merasa terganggu dengan tudingan Komjen Susno Duadji terkait 'Jenderal Markus' di Mabes Polri. Pernyataan Susno Duadji telah mengganggu kehidupan pribadinya.

"Saya sebagai Bayangkara juga punya harga diri," kata Edmon usai jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 19 Maret 2010. "Ya kita kembalikan pada hukum. Tapi kita praduga dulu. Biarkan penyidik yang akan menanganinya," kata dia. (sj)

Kata Shin Tae-yong Usai Justin Hubner Tak Diizinkan Cerezo Osaka Gabung Timnas Indonesia U-23
Rizky Febian dan Mahalini.

Terungkap Suvenir Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, Siapkan Ribuan Barang Mewah

Hari bahagia Rizky Febian dan Mahalini Raharja semakin dekat. Berbagai persiapan pun sudah terpenuhi hampir 100 persen dengan sempurna, mulai dari rangkaian jelang nikah.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024