SBY ke Malang Berburu Lukisan untuk Dipajang di Pacitan, Paling Murah Senilai Rp15 juta

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berburu lukisan di Azam Gallery di kawasan Araya, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu, 5 Februari 2023, untuk dipajang di Museum Galeri miliknya di Pacitan.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA Nasional – Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berburu lukisan di Azam Gallery di kawasan Araya, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu, 5 Februari 2023, untuk dipajang di Museum Galeri miliknya di Pacitan.

Klarifikasi Isu Koalisi Prabowo Bergejolak soal Jatah Menteri, Sekjen Gerindra Bilang Begini

"Lukisan yang saya lihat bagus-bagus. Kebetulan saya sedang membangun galeri lukisan di Pacitan. Saya berusaha membeli beberapa lukisan untuk menambah lagi variasi lukisan," kata SBY.

Museum Galeri milik SBY sedang dalam tahap pembangunan yang sudah mencapai 90 persen. Museum galeri itu diisi karya seniman-seniman dari seluruh Indonesia.

Kata Kritikus Seni Rupa soal Lukisan Artificial Intelligence Karya Denny JA

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berburu lukisan di Azam Galler

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya

"Lukisan yang saya lihat ini kan karya anak bangsa. Saya kira penting bagus dan masyarakat suka melihat itu juga saya koleksi dan, insyaallah, akan saya pajang di museum galeri di Pacitan. Saya nanti akan beli lukisan yang belum ada. Tentu akan beli banyak," ujarnya.

SBY Yakin Duet Renan Buiatti-Reza Beik Jadi Pertahanan Tangguh Jakarta LavAni

Di Azam Gallery, SBY melihat banyak lukisan mulai dari tema wayang, tokoh-tokoh, tema abstrak, dan lainnya. Tidak hanya melihat dan membeli, SBY berdiskusi dengan para pelukis di Malang.

"Saya sebagai pendatang di dunia seni lukis, tadi berbagi pengalaman dengan para pelukis senior, agar saya bisa lebih mengembangkan kemampuan melukis saya di masa depan," katanya.

Azam Bachtiar, sang pemilik galeri seni, mengaku senang galerinya bisa didatangi SBY. Dia sebelumnya, mengirimkan seluruh file karya seni secara detail ukuran dan seniman atau pelukisnya untuk dilihat dan dipilih oleh SBY.

Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama lukisannya.

Photo :
  • Twitter @OssyDermawan

Azam mengungkapkan, ada 18 karya seni dari 7 seniman yang diperlihatkan secara langsung kepada SBY di Azam Gallery. Para seniman itu berasal dari Kota Malang, Kota Batu, Tulungagung hingga Pasuruan. Di Azam Galery SBY membeli sejumlah karya seni dengan harga yang cukup beragam.

"Beliau tidak titip pesan pingin tema apa, semua bebas. Dia hanya ingin mengumpulkan karya dari seniman seluruh Jawa Timur untuk mengisi di galerinya yang ada di Pacitan. Paling murah sekitar Rp15 juta. Saya sangat senang beliau mengapresiasi dan ini kesempatan kita sebagai seniman menunjukkan itu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya