Brimob Polri Tak Lagi Hanya Bertugas Pengamanan dan Antiteroris tapi Dilatih Jadi Tim Medis

Komandan Korps (Dankor) Brimob Polri Komjen Anang Revandoko
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Korps Brigade Mobile (Brimob) Polri mengadakan pelatihan basic trauma dan Cardiac Life Support di Satlat Brimob Cikeas, Bogor, Jawa Barat pada Senin, 6 Februari 2023. Tujuannya, untuk melayani, mendukung kesehatan masyarakat terutama di wilayah yang sulit dijangkau sesuai arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Penetrasi Asuransi di RI Masih Rendah, MSIG Life Genjot Inovasi Kesehatan dan Digital

Komandan Korps (Dankor) Brimob Polri Komjen Anang Revandoko mengatakan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menjadi representasi negara hadir memberikan rasa kesehatan dan kenyamanan untuk memberikan rasa kehadiran di masyarakat memberikan dukungan kesehatan.

“Jadi ketika masyarakat membutuhkan kesehatan, para medis kita hadir di tengah-tengah yang sulit dijangkau oleh kita semua," kata Anang.

Ilmuwan China Ciptakan Pengisi Daya Nirkabel yang Aman untuk Tubuh Manusia

Ilustrasi personel Brimob.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/aww

Ia menjelaskan tupoksi kepolisian yaitu melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat. Maka, kata dia, kegiatan ini merupakan terobosan yang diinisiasi Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Kapusdokes) Polri Irjen Asep Hendradiana.

5 Fakta Penting tentang Gym untuk Kesehatan Tubuh hingga Kehidupan Seksual

“Ini terobosan yang sangat luar biasa yang diinisiasi oleh Kapusdokes Pak Asep dan tempatnya di Korbirmob Polri,” jelas dia.

Menurut dia, apabila melihat sumber daya dalam konteks melayani masyarakat bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat luas dan rentan dengan gempa, serta rentan masalah konflik. Sehingga, kehadiran para tenaga medis di tempat-tempat sentral adalah sangat dibutuhkan.

“Kemarin di Cianjur, bagaimana kehadiran kepolisian di masyarakat khususnya kesehatan hadir dalam konteks melayani dan mengayomi masyarakat yang terdampak gempa di Cianjur,” ungkapnya.

Personel Brimob (foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Selain itu, Anang mengatakan beberapa tempat lagi bisa dilihat bagaimana dengan sigap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Namun demikian, terbatasnya jumlah personel yang memiliki kemampuan basic trauma and cardiac life support.

"Sekali lagi, ini sebagai pertanggungjawaban Kepolisian Negara Indonesia bahwa polisi hadir di masyarakat. Sehingga ini adalah wujud pertanggungjawaban kita untuk melindungi, mengayomi masyarakat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya