Relawan Kowarteg Indonesia Berbagi Makanan ke Sopir Angkot-Ojek, Ini Tujuannya

Kowarteg Indonesia melakukan aksi sosial dengan membagikan makan siang gratis
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Komunitas Warteg (Kowarteg) Indonesia melakukan aksi sosial dengan membagikan makan dan sarung tangan kepada sopir angkot, ojek online, ojek pangkalan, dan masyarakat umum. Aksi saling berbagi kepada masyarakat itu dilakukan para relawan pendukung Ganjar Pranowo di Pertigaan Bambu Kuning Cibinong, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor. 

PDIP Gugat KPU ke PTUN, Ganjar: Tugas Saya dan Pak Mahfud Berakhir Usai Putusan MK

Joko Dewo, selaku Koordinator Wilayah Kowarteg Jawa Barat mengungkapkan, teriknya matahari tak sedikit pun menyurutkan niat dan semangat para relawan untuk turun langsung ke lapangan dan membagikan makan kepada masyarakat. 

"Hari ini Kowarteg Indonesia membagikan makanan, berbagi kepada masyarakat, kepada sopir angkot, kepada ojek online, ojek pangkalan dan masyarakat yang ada di Bambu Kuning, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor," kata Joko dalam keterangan yang diterima Senin 7 Februari 2023.

Prabowo ke Anies: Saya Tahu Senyuman Anda Itu Berat Sekali

Ilustrasi ojol.

Photo :
  • Viva.co.id/Anisa W

Joko menjelaskan, kegiatan Kowarteg Indonesia dengan terjun langsung ke masyarakat lantaran memiliki kesamaan visi dan misi dengan figur yang diusung, yakni Ganjar Pranowo dalam mendekatkan diri kepada masyarakat kecil. Relawan Kowarteg Indonesia sendiri telah melakukan aksi serupa di banyak daerah dan selalu mendapatkan antusias, serta disambut positif oleh berbagai lapisan masyarakat yang dihampiri para relawan. 

Ganjar Tak Datang saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Capres-Cawapres Terpilih

Dia berharap dengan adanya aksi sosial berbagi paket makan yang dilakukan relawan Kowarteg Indonesia dapat meringankan beban perekonomian para sopir angkot, ojek online, ojek pangkalan dan juga masyarakat pada umumnya. 

Joko menyebutkan aksi sosial Kowarteg Indonesia nantinya dapat menguatkan jejaring Kowarteg Indonesia yang tersebar di banyak daerah, sehingga kegiatan bantu masyarakat bisa dilakukan lebih luas dan masif. 

"Tujuannya untuk berbagi karena tidak ada salahnya kalau kita melakukan itu. Kalau Pak Ganjar Pranowo yang kita usung kepribadiannya baik, berbagi kan tidak ada masalah, karena ini juga ibadah," ungkap Joko. 

"Kita niatnya berbagi. Kowarteg Indonesia berbagi sudah keliling ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, inilah kita kompak. Teman-teman bergerak, relawan-relawan Kowarteg Indonesia menyatukan visi misi," sambung Joko. 

Lebih lanjut, Bang Jek, salah satu masyarakat Bambu Kuning Cibinong mengaku senang dengan kehadiran para relawan Kowarteg Indonesia yang berbagi makan untuk sopir dan masyarakat. Pria yang sehari-hari menjaga warung itu menuturkan, tempatnya sering dijadikan pangkalan sopir angkot dan ojek untuk menunggu penumpang. 

Ilustrasi angkot

Photo :
  • VIVA/Dani

Dia menyebut paket makan yang dibagikan Kowarteg Indonesia dapat meringankan beban para sopir dan masyarakat. "Menurut saya (Kowarteg Indonesia) bagus ya, istilahnya ada kesinambungan untuk meringankan juga beban para sopir-sopir yang biasanya sebelum ngojek mengeluarkan uang buat sarapan pagi, mereka tidak mengeluarkan uang lagi," kata Bang Jek. 

"Kowarteg Indonesia cukup baik, insyaallah ke depannya juga akan lebih baik," tambah dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya