Kronologi Pesawat Susi Air Dipiloti WN Selandia Baru Diduga Dibakar KKB

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes, Ignatius Benny Ady Prabowo
Sumber :
  • dok Polda Papua

VIVA Nasional – Kepolisian Resor Nduga sedang mendalami kasus lost kontak Pesawat Pilatus Porter Susi Air dengan Nomor Penerbangan SI 9368 usai landing di Bandara Paro, Kabupaten Nduga Provinsi Papua Pegunungan.

KPU Ungkap Telah Pecat 13 Orang PPD Papua Tengah, Ini Alasannya

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes, Ignatius Benny Ady Prabowo menjelaskan pesawat dipiloti oleh Philips Max Marthin warga Selandia Baru. Menurur dia, pesawat itu membawa lima penumpang dan take off dari Bandara Mozes Kilangin Kabupaten Mimika menuju Bandara Paro Distrik Paro Kabupaten Nduga.

“Pukul 06.17 WIT, pesawat Susi Air landing di Bandara Paro Kabupaten Nduga. Namun, hingga sampai saat ini pukul 09.15 WIT, pesawat belum juga kembali dari Distrik Paro Kabupaten Nduga ke Timika,” kata Benny Ady melalui keterangannya pada Selasa, 7 Februari 2023.

WNA Asal Papua Nugini Ditangkap di Papua Karena Bawa Dua Butir Amunisi Ilegal

Saat ini, kata dia, aparat gabungan TNI-Polri dari Tim Operasi Damai Cartenz, personel Polres Nduga dan rekan-rekan TNI melakukan investigasi terkait kondisi pilot dan seluruh penumpang pesawat.

Anggota Bawaslu di Intan Jaya Ngaku Disandera oleh KKB, Dipalak Rp150 Juta

“Tim juga akan mendalami terkait murni atau tidaknya kecelakan yang menyebabkan terbakarnya pesawat Pilatus Porter Susi Air tersebut atau diduga dibakar oleh pihak-pihak tertentu,” jelas dia.

Ilustrasi pesawat Susi Air

Photo :
  • Istimewa

Menurut dia, tidak menutup kemungkinan pesawat tersebut ditahan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Nduga Pimpinan Egianus Kogoya. “Karena wilayah itu masuk dalam markas mereka,” tambah ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya