Zulhas Tegaskan RI Siap Bantu Pemerintah Turki Dalam Penanganan Gempa

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Menteri Perdagangan atau Mendag RI Zulkifli Hasan memastikan jika Indonesia siap membantu pemerintah Turki dalam penanganan gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,8 yang terjadi pada Senin, 6 Februari 2023.

Gunung Ibu Meletus Sabtu Malam, Awan Abu Membubung Setinggi Dua Kilometer

Hal itu disampaikan Mendag Zulhas saat menyambangi kantor kedutaan besar Turki di Jakarta, Rabu, 8 Februari 2023. Dalam kunjunganya Mendag Zulhas didampingi Bara Krishna Hasibuan untuk menemui Duta Besar Republik Turki untuk Indonesia Ahmet Cemil Miroglu.

"Indonesia siap untuk membantu Pemerintah Turki dalam penanganan gempa," kata Zulhas dalam keterangan persnya yang diterima Rabu.

Verrell Bramasta Terbang ke Turki demi Transplantasi Rambut

Pemadam kebakaran mengevakusi mayat korban gempa di Gaziantep, Turki.

Photo :
  • AP Photo/Kamran Jebreili.

Dalam kesempatan itu, Zulhas pun menyampaikan belasungkawa dan rasa simpati yang mendalam atas tragedi gempa bumi yang menimpa wilayah Turki tersebut.

Gempa Tektonik Magnitudo 4.7 Guncang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

"Menyampaikan belasungkawa dan rasa simpati yang mendalam atas tragedi gempa bumi beberapa hari lalu yang menewaskan ribuan orang," ujar Zulhas.

Sebelumnya, gempa dengan kekuatan magnitudo 7,8 terjadi di wilayah Turki pada Senin 4 Februari 2023, yang mengakibatkan 500 korban jiwa dan 3000 orang luka-luka. Selain Turki, beberapa negara seperti Suriah, Lebanon, dan Israel juga terdampak akibat peristiwa gempa yang terjadi di Turki.

Gempa bumi dahsyat bermagnitudo 7,8 mengguncang Turki pada pada Senin 6 Februari 2023.

Photo :
  • AP Photo/Hussein Malla.

Kedalaman gempa yang terjadi pada Senin pukul 01.17.36 GMT(pukul 08.17.36 WIB) ini mencapai 24,1 kilometer. Dikutip dari New York Times, lembaga pemantau geologi AS (USGS) mencatat ada 24 gempa susulan setelah gempa utama di Turki. Pusat gempa terjadi kira-kira di sepanjang Patahan Anatolia Timur (East Anatolian Fault).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya