Panitia Siap Ganti Kerusakan Infrastruktur Dampak Acara 1 Abad NU

Banser saat acara Harlah 1 abad NU di Sidoarjo.
Sumber :
  • YouTube NU Channel

VIVA Nasional – Panitia Resepsi Puncak 1 Abad NU (Nahdlatul Ulama), berkomitmen untuk mengganti kerusakan fasilitas umum di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, akibat kegiatan akbar tersebut. 

Viral Bocah 5 Tahun Kemudikan Mobil PLN, Begini Kronologi Sebenarnya

Saat ini, panitia bersama pihak terkait masih menghitung kerusakan yang terjadi untuk mengetahui pasti berapa perkiraan biayanya.

Komitmen tersebut disampaikan Wakil Ketua Panitia Resepsi Puncak 1 Abad NU, Rahmat Hidayat Pulungan, di Sidoarjo, Kamis, 9 Februari 2023. 

Mangkir dari Pemeriksaan, KPK Bakal Panggil Lagi Gus Muhdlor Pekan Depan

Presiden Jokowi menghadiri Harlah 1 Abad NU di Sidoarjo, Jawa Timur

Photo :
  • NU Channel

"Beberapa fasilitas yang rusak sedang kita lakukan hitung-hitungan untuk estimasi penggantian, termasuk yang ada di dalam stadion," katanya.

Ada yang Janggal dalam Surat Sakit Gus Muhdlor, KPK: Ini Agak Lain Suratnya

Komitmen tersebut, lanjut Wakil Sekretaris Jenderal PBNU itu, juga tertuang dalam perjanjian yang diteken panitia penyelenggara dengan pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Dalam waktu dekat, soal itu akan diselesaikan bersama pihak terkait. 

“Mulai hari ini sudah diproses penghitungannya,” tandas Rahmat.

Kerusakan paling parah di dalam dan luar Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Kepala Disporapar Kabupaten Sidoarjo, Djoko Supriyadi, mengatakan kerusakan yang terjadi di antaranya pada rumput lapangan yang rusak 90 %. Ia mengaku saat ini pihaknya menghitung berapa biayanya.  

Djoko mengakui, bahwa memang ada komitmen antara panitia penyelenggara dengan Pemkab Sidoarjo soal penggantian kerusakan fasilitas umum dampak dari Resepsi Puncak 1 Abad NU. Dia juga mengakui bahwa panitia sudah menemui dirinya untuk menyelesaikan masalah itu.

Massa Nahdliyin saat acara harlah 1 abad NU.

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

Seperti diketahui, Resepsi Puncak 1 Abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo yang berlangsung 24 jam disesaki Nahdliyin (warga NU), di dalam maupun luar stadion. Perkiraan panitia, total Nahdliyin dan masyarakat yang hadir lebih dari 4 juta orang.

Perkiraan sebanyak itu berdasar hitung-hitungan yang dilakukan oleh panitia bersama beberapa lembaga. Panitia mencatat, saat puncak resepsi yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, ada sekira 1,3 juta orang yang menyesaki stadion dan sekitarnya. Belum pada saat rangkaian acara lainnya. Nah, karena banyaknya yang hadir itulah kerusakan fasilitas umum itu tidak terhindarkan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya