Gempa M 5,4 Guncang Jayapura, BPBD: 1 Orang Meninggal, 5 Luka

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Nasional – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura mencatat ada 5 orang korban luka dan satu orang meninggal dunia, akibat gempa magnitudo 5,4 yang mengguncang Kota Jayapura, Papua, Kamis, 9 Februari 2023, pukul 13.28.02 WIB atau 15.28.02 WIT.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

“Ada 6 orang korban di rumah makan Carita di Ruko Dok 2 Ambruk ke laut. Dalam kejadian itu satu korban jatuh ke laut,” kata Kepala BPBD Kota Jayapura, Asep Khalid. 

Dia menuturkan, dari 6 korban tersebut, 5 orang di antaranya mengalami luka-luka. Mereka saat ini telah mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Dok II Jayapura. 

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Asep menyebutkan, BPBD Kota Jayapura masih melakukan pendataan terhadap bangunan yang rusak maupun warga yang menjadi korban gempa. “Semua karyawan Wali Kota Jayapura saat ini juga telah keluar dari ruangan dan berkumpul di satu titik,” ujarnya.

Ilustrasi gempa bumi.

Photo :
  • Freepik
Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

Dia mengatakan, hingga sekarang ini belum mendapatkan data yang pasti berapa bangunan yang rusak.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5,4 mengguncang Kota Jayapura, Kamis, 9 Februari 2023, pukul 13.28.02 WIB atau 15.28.02 WIT.

Akun Twitter Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) @infoBMkG menyebutkan, lokasi gempa berada pada koordinat 2,60 derajat lintang selatan dan 140,66 derajat bujur timur. 

Sementara pusat gempa berada di darat berjarak 9 kilometer barat daya Kota Jayapura dengan kedalaman 10 kilometer.

Getaran gempa kali ini dinilai paling besar sejak rangkaian gempa di Jayapura yang terjadi mulai 2 Januari 2023 lalu sehingga dikhawatirkan menimbulkan kerusakan yang parah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya