Rumah Makan Apung di Jayapura Ambruk ke Laut Usai Diguncang Gempa M 5,4

Rumah makan apung ambruk tewasnya 4 orang akibat gempa Jayapura
Sumber :
  • Ist

VIVA Nasional – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura mengatakan gempa magnitudo (M) 5,4 yang mengguncang Kota Jayapura, pada Kamis, 9 Pebruari 2023, pukul 13.28.02 WIB atau 15.28.02 WIT, menyebabkan rumah makan atau kafetaria apung Carita di Ruko Dok 2 ambruk ke laut. 

KPK Cegah Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Usai jadi Tersangka Kasus Korupsi Potongan Insentif

Empat orang dilaporkan meninggal dunia karena jatuh ke laut dan tertimpa material bangunan yang ikut roboh saat gempa terjadi.

"Kafe ada yang roboh dan di situ ada empat meninggal. (Para korban) Ada di kafe, guncangan lalu roboh. Roboh lalu (para korban) tertindih. Langsung jatuhnya ke laut bangunannya. Bangunannya ada di pinggir talud," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Jayapura Asep Khalid dalam keterangan tertulis, Kamis, 9 Februari 2023. 

Mayoritas Kota-kota Besar Berpotensi Hujan dampak Dua Siklon Tropis, Menurut BMKG

Menurut Asep, keempat korban itu ditemukan tewas akibat tertimpa puing bangunan cafetaria yang roboh. Adapun letak cafetaria tersebut berada di atas perairan di kawasan Kota Jayapura, sehingga proses evakuasi dilakukan oleh tim ahli untuk menyelam.

Rumah makan apung ambruk tewasnya 4 orang akibat gempa Jayapura

Photo :
  • Ist
Diduga Bunuh Diri, Anton Bahrul Nekat Terjun ke Sungai Brantas

Asep menjelaskan bahwa gempa bumi pertama kali dirasakan sangat kencang sekitar 2-3 detik. Pada saat menyampaikan laporan kepada Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatinkom) BNPB, Asep merasakan gempa susulan yang kembali terjadi.

"Gempa bumi tadi dirasakan kuat selama 2-3 detik. Ini sekarang terasa guncangan gempa bumi sedang berjalan," ujar Asep.

Selain kafe yang ambruk akibat gempa, sejumlah rumah dan fasilitas kesehatan mengalami kerusakan. Korban terdampak gempa yang dirawat di RSUD pun telah diungsikan ke halaman gedung demi menghindari adanya gempa susulan kembali.

"Tim BPBD Kota Jayapura bersama lintas instansi terkait masih dalam pendataan lebih lanjut mengenai kerusakan maupun korban jiwa. Tim gabungan juga mendirikan tenda posko dan tenda darurat untuk evakuasi sementara," ucap dia.

Gempa Berkekuatan 5,4 M Guncang Papua

Sebelumnya, Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa telah terjadi gempa berkekuatan 5,4 Magnitudo di wilayah Jayapura, Papua. Seluruh warga Jayapura pun ikut merasakan guncangan gempa tersebut.

Bangunan gedung bank di Kota Jayapura ambruk roboh akibat gempa

Photo :
  • Ist

"Dampak gempa bumi di papua, perlu disampaikan hari ini, pukul 13 lebih 28 menit 2 detik WIB di Jayapura, Papua diguncang gempa tektonik M5,4. Episenter pusat gempa terletak dengan tepatnya berlokasi di darat atau berkedalaman 10 km," ujar Dwikorita Karnawati kepada wartawan, Kamis 9 Februari 2023.

Dwikorita pun menjelaskan bahwa guncangan gempa tersebut dapat dirasakan seluruh masyarakat Jayapura, Papua. Pasalnya, gempa tersebut dirasakan dengan skala 5 Modified Mercalli Intensity (MMI).

"Artinya getaran dirasakan hampir semua penduduk dan membangunkan orang yang tidur dan dampaknya mengakibatkan retakan pada dinding," beber dia.

Dwikorita pun menegaskan bahwa gempa yang mengguncang wilayah Jayapura, Papua itu tidak berpotensi tsunami.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya