Seekor Singa Koleksi Kebun Binatang Solo Safari Lepas

Kebun Binatang Solo Safari
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Nasional – Seekor singa yang merupakan koleksi kebun binatang Solo Safari lepas dari kandangnya. Binatang buas yang lepas itu merupakan koleksi terbaru dari kebun binatang yang dulunya Bernama Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo.

Gibran Bereskan Pekerjaan Wali Kota usai Putusan MK, Siapkan Investasi Kecerdasan Buatan

General Manager Solo Safari Shinta Aditya mengatakan permasalahan saat seekor binatang masuk ke habitat barunya seringkali ada hal-hal yang di luar perkiraan. Sebagai binatang koleksi terbaru di Solo Safari, seekor singa itu memerlukan beradaptasi saat dipindahkan ke tempat yang baru.

“Taman Safari sudah mengantipasi hal ini. Oleh karena itu pihak TSI (Taman Safari Indonesia) selalu membuat tiga ring untuk pemantauan hewan yang baru masuk ke habitat baru terutama karnivora yang memang lebih berisiko,” katanya di Solo, Jumat, 10 Februari 2023.

Pria Ini Gugat Syarat Usia Pembuatan SIM ke MK karena Kagum 2 Bocah SD Motoran Madura-Jakarta

Ilustrasi singa

Photo :
  • VIVAnews/Muhammad AR

Singa yang sempat dilepas pada Jumat pagi itu, katanya, sempat kaget melihat habitat barunya. Kemudian singa itu pun melompat ke lokasi yang merupakan ring 1 dari habitat barunya. Hari ini merupakan pertama kalinya pengelola Solo Safari mengeluarkan singa itu di exhibit.

Viral Pengunjung Taman Safari Buka Kaca Mobil di Area Singa, Sudah Ditegur tapi Ngeyel

“Tim Taman Safari lalu melakukan evakuasi terhadap singa tersebut dan berhasil dikembalikan ke kandang sebelum pukul 10.00 pagi itu juga. Dipastikan semua proses sesuai dengan SOP Taman Safari dan tidak ada kekerasan maupun apapun yang menyakiti hewan singa tersebut,” ujarnya.

Dia mengungkapkan seekor singa koleksi terbaru Solo Safari itu memang sedang uji coba lepas liar di wahananya yang terletak di dekat danau. Wahana singa itu tidak memakai pagar seperti sebelumnya. Selama uji coba pengenalan wahana barunya itu dijaga ketat petugas dan keeper.

Ilustrasi singa.

Photo :
  • U-Report

“Singa-singa dalam latihan penyesuaian dengan lingkungannya, normal untuk keluar dan masuk secara bebas. Kondisi aman, karena dijaga oleh sistem keamanan berlapis dan dijaga keeper dan dokter hewan berpengalaman,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya