Banjir Sungai Bengawan Solo Rendam Puluhan Rumah

Banjir di Puicangsawit akibat luapan sungai Bengawan Solo, Surakarta, Jateng
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Nasional – Hujan deras yang yang mengguyur Kota Solo sejak Jumat, 10 Februari 2023 siang hingga malam, menyebabkan sejumlah puluhan rumah warga terendam luapan banjir Sungai Bengawan. Akibat banjir tersebut menyebabkan puluhan warga mengungsi.

Gibran Masih Jabat Wali Kota Solo Usai jadi Wapres Terpilih, JK: Tidak Apa-apa

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nico Putranto mengatakan hujan deras yang terjadi di seputaran wilayah Solo Raya menyebabkan aliran sungai Bengawan Solo meluap. Adapun pemukiman warga yang terendam banjir meliputi kampung-kampung yang terdapat di Kecamatan Jebres, Solo.

“Kelurahan Jebres di Kentingan yang terendam banjir meliputi RW 36 RT 4 sebanyak 5 KK, RW 36 RT 5 ada 20 KK. Untuk Gulon di Kelurahan Jebres wilayah RW 21 RT 1 sebanyak 20 KK, RW 21 RT 5 ada 36 KK, dan RW 21 RT 4 sebanyak 16 KK,” sebutnya.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Sebelumnya warga yang tempat tinggalnya terendam banjir sempat mengungsi di titik penggungsian Masjid Al Khoir, di Kampung Gulon, Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Solo. Selain itu juga mendirikan dapur umum di sekitar tempat pengungsian.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

“Untuk yang di Kentingan nihil pengungsi tetapi untuk yang di Gulon sempat mengungsi dan kini sudah pada balik ke rumahnya masing-masing,” ujar dia.

Selain hujan deras, penyebab meluapnya aliran Sungai Bengawan Solo karena sejumlah anak sungai yang mengalir ke Bangawan Solo meluap kibat kiriman air dari Boyolali dan Sukoharjo.

“Kami imbau warga yang di sepanjang aliran Bengawan Solo untuk meningkatkan kewaspadaannya,” harapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya