Anies Baswedan Soal Utang Rp92 M: Yang Jamin Pak Sandi, Uangnya Bukan dari Pak Sandi

Bakal Capres Partai Nasdem, Anies Baswedan saat Podcast di Merry Riana
Sumber :
  • Youtube Merry Riana

VIVA Nasional - Anies Baswedan menanggapi soal isu utang sebesar Rp92 Miliar kepada Sandiaga Uno. Anies mengatakan dana tersebut bukan utang, melainkan dukungan kampanye. Dana itu juga bukan berasal dari Sandiaga Uno.

Sandiaga Akui Sarankan PPP Segera Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Ya, jadi itu kan dukungan tuh, nah siapa penjaminnya? yang menjamin Pak Sandi. Jadi uangnya bukan dari Pak Sandi oke, itu ada pihak ketiga yang mendukung," kata Anies dikutip dari tayangan di channel YouTube Merry Riana, Sabtu, 11 Februari 2023.

Setelah itu, kata Anies, barulah dia yang menandatangani surat pernyataan utang itu. "Kemudian saya menyatakan, saya ada suratnya, surat pernyataan utang saya yang tanda tangan dan di dalam surat itu," jelasnya.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Bakal Capres Partai Nasdem, Anies Baswedan

Photo :
  • FB Anies Baswedan

Eks Gubernur DKI Jakarta itu menyebut, pemberi dukungan itu meminta agar dana yang ada dicatat sebagai utang. Sehingga, dia bisa melunasi utang tersebut melalui perubahan bagi warga Jakarta saat menjadi Gubernur DKI. 

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

"Pemberi dukungan ini meminta dicatat sebagai utang, jadi dukungan yang minta dicatat sebagai utang lalu sampaikan bila ini kan dukungan untuk sebuah kampanye untuk perubahan untuk kebaikan," ucap calon presiden dari Nasdem Anies Baswedan. 

"Bila ini berhasil, maka itu dicatat sebagai dukungan, bila kita tidak berhasil dalam Pilkada maka itu menjadi utangnya (berbentuk uang) harus dikembalikan. Saya dan Pak Sandi oke," sambungnya. 

Sebelumnya beredar foto berisi surat pernyataan utang viral di media sosial, karena disebut-sebut sebagai surat pernyataan utang antara Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di era Pilkada DKI Jakarta Tahun 2017 silam.

Foto salinan dari surat pernyataan tersebut awalnya diunggah oleh akun Twitter @Tita83079013 pada Jumat, 10 Februari 2023 kemarin.

Dalam foto unggahannya tersebut, pemilik akun @Tita83079013 mencuitkannya bersama caption penyerta yang meminta agar Anies Baswedan berhenti berbohong.

"Jangan bohong lagi ...Nis," cuit @Tita83079013 dalam unggahannya itu, dikutip Sabtu, 11 November 2023.

Dalam poin-poin di surat pernyataan yang diduga terkait dengan masalah utang Anies Baswedan pada Pilkada DKI Jakarta Tahun 2017 itu, disebutkan bahwa Anies meminjam uang untuk kepentingan kampanye senilai Rp92 miliar kepada Sandiaga Uno dan pihak lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya