Kecelakaan Maut Bus Pariwisata di Purworejo, Satu Pengendara Motor Tewas

Suasa evakuasi bus terguling di Purworejo.
Sumber :
  • tvOne/Eddy Suryana.

VIVA Nasional – Bus pengangkut rombongan wisata sekolah asal Garut, Jawa barat terlibat kecelakaan maut di ruas jalan Daendels, Purworejo, Jawa Tengah pada Minggu malam, 12 Februari 2023. Bus sarat penumpang ini oleng hingga menimpa dua sepeda motor yang tengah melaju. Akibatnya, seorang pengendara sepeda motor tewas di lokasi kejadian.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Proses evakuasi korban luka yakni Khoirul Muhtamar (24 tahun) telah dilakukan. Berdasarkan informasi yang dihimpun tvOne, korban merupakan warga Kecamatan Kutowinangun, Kebumen, Jawa Tengah. Sepeda motor miliknya bernopol AA 3986 WD tertabrak dan tertimpa bus bernopol D 7764 AS pengangkut rombongan study tour SMPN 3 Garut, Jawa Barat.

Peristiwa nahas ini terjadi di depan rest area Pejagran ruas jalan Daendels, Desa Pejagran, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. setelah berhasil dievakuasi, korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Rizki Amalia Temon, Kulon Progo, Yogyakarta.

Balap Liar Maut di Bekasi, Pemotor Cewek Tewas Tertabrak

Korban Meninggal Berusia 21 Tahun

Suasa evakuasi bus terguling timpa pengendara motor.

Photo :
  • tvOne/Eddy Suryana.
Kronologi 3 Anggota Keluarga Tercebur ke Sumur, 1 Meninggal Dunia

Selain itu, bus nahas yang membawa lima puluh delapan penumpang ini juga menimpa pengendara motor lain, Riyan Prasetyo (21 tahun), warga Desa Pasaranom, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo tewas di lokasi kejadian akibat sepeda motor dan dirinya tertimpa badan bus.

Kecelakaan ini terjadi ketika bus yang dikemudikan melaju dari arah Yogyakarta menuju garut dengan kecepatan sedang. Di lokasi kejadian, sopir bus berniat mendahului kendaraan di depannya.

Namun lantaran jalan yang sempit dan jarak pandang yang minim lantaran hujan, bus justru menabrak dua sepeda motor yang melaju dari arah berlawanan, bus akhirnya terguling dan menimpa dua sepeda motor berikut pengendaranya tepat di depan rest area.

Menurut Kanit Gakkum Satlantas Polres Purworejo, Iptu Eko Rusdianto, bus melaju dari arah timur ke barat dengan kecepatan sedang mendekati tkp bergerak ke kanan dengan maksud hendak mendahului kbm di depannya. 

"Korban meninggal dunia satu, dibawa ke RS citrowarsoyo. riyan prasetyo dusun gading passranom grabag. Penumpang siswa 17 luka ringan evakuasi rumah sakit amalia. Yang di dalam ada 58 siswa. Meninggal 1 pengendara motor satu luka berat,” jelasnya.

Sebanyak tujuh belas penumpang bus yang kebanyakan siswa mengalami luka ringan dan telah dilarikan ke rumah sakit. Proses evakuasi bangkai bus dilakukan dengan mengerahkan satu derek dan sejumlah kendaraan relawan.

Proses evakuasi kendaraan berlangsung lebih dari satu jam hingga menyebabkan kemacetan sepanjang kurang lebih satu kilometer. Pihak kepolisian masih mendalami lebih lanjut peristiwa ini, namun dugaan sementara kecelakaan terjadi akibat kelalaian sopir bus.

Laporan: tvOne/Eddy Suryana

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya